Tutorial Layout Buku dengan Indesign CC (Bagian 1)

layout Design

Layout buku merupakan bagian tak terpisahkan dari proses penerbitan sebuah buku, baik yang dicetak melalui media printing atau offset, maupun yang diterbitkan dalam bentuk digital atau e-book. Di dalam proses pengerjaan layout buku dengan dengan Indesign CC, pengaturan tiap paragraph dilakukan melalui paragraph style. Paragraf style merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam proses pembuatan layout buku maupun layout majalah. Dengan menggunakan paragraph style maka proses penataan paragraf di tiap halaman buku atau majalah akan menjadi sangat mudah, rapi dan cepat. Penyeragaman font – baik jenis maupun ukuran, pengaturan spasi antar baris dan pengetaruran elemen tipografi lainnya dapat dilakukan dengan cepat dan praktis melalui paragraph style pada program Indesign CC. Dengan demikian, layout buku maupun desain majalah yang dihasilkan akan nampak elegan dan mudah dibaca. Lalu bagaimana cara membuat layout buku dengan Indesign? Berikut adalah langkah-langkah tutorial layout buku dengan indesign.

Langkah 1. Membuat Dokumen Baru di Indesign

Buka program Indesign yang Anda miliki. Pada tutorial indesign ini, penulis menggunakan Indesign CC 2015. Kemudian buat halaman atau dokumen baru dengan melalui menu File > New > Document atau dengan mengetikan tombol Ctrl + N pada keyboard.

Membuat Dokumen Baru di Indesign

Langkah 2. Memberikan Pengaturan pada Halaman di Indesign

Kemudian pada dialog box yang tampil, isikan beberapa pengaturan seperti jumlah halaman, ukuran halaman dan batas halaman (margin).

Memberikan Pengaturan Halaman

  • Isikan angka 12 pada kolom Number of Page, kamudian klik Facing pages untuk membuat dokumen layout buku atau majalah. Pada kolom start page isikan dengan angka 1 untuk memulai halaman dari halaman 1.
  • Untuk mengatur ukuran halaman, di bagian Page size, isikan angka 140 mm pada width dan 210 mm pada kolom Height. Ukuran ini merupakan ukuran buku standar yang biasa digunakan oleh beberapa pihak penerbitan.
  • Pada section Margin atur batas-batas halaman seperti batas atas (Top), batas bawah (Bottom), batas dalam (Inside), dan batas luar (Outside). Pada tutorial indesign ini, pengaturan margin yang diberikan adalah: Top: 20, Bottom, 35, inside: 30, dan Outside 20. Jika semua properti halaman telah diatur kemduan klik tombol Ok atau tekan tombol Enter pada keyboard.

Jika langkah-langkah tersebut telah dilakukan, maka kita akan mendapat sebuah dokumen baru dengan jumlah halaman 12 halaman sebagaimana terlihat pada gambar berikut.

Dokumen yang telah dibuat di Indesign

Tutorial layout buku dengan indesign ini merupakan pijakan awal dalam menggunakan program indesign, baik untuk keperluan layout buku maupun desain majalah. Pada postingan berikutnya akan dibahas mengenai pembuatan Guide line, pengaturan master page, dan pembuatan paragraph style pada program Indesign CC. Baca juga panduan lengkap membuat layout buku dengan Adobe Indesign CC.