Tren warna 2017, Bagaimana Penampakannya?

desain grafis

Hampir setiap tahun tren warna selalu mengalami perubahan, baik di bidang fashion, desain, maupun fotografi. Hal yang sama juga terjadi di permulaan tahun 2017 ini. Paling tidak ada beberapa palet warna yang diprediksi akan menjadi tren warna 2017. Dalam lingkup desain grafis, warna merupakan salah satu elemen visual yang memiliki arti penting, sebab warna merupakan salah satu faktor yang mampu memberikan daya tarik visual terhadap sebuah karya desain grafis. Oleh sebab itulah komposisi warna harus direpresentasikan dengan tepat agar sebuah produk desain grafis mampu memberikan kesan visual yang menarik. Oleh sebab itulah kami merangkum beberapa tren warna 2017 yang dapat Anda terapkan pada beragam karya kreatif anda.

01 Pink

Sepanjang tahun 2016, warna pink sempat mencuat sebagai salah satu tren warna kala itu. Penggunaan warna ini disinyalir masih akan menjadi tren warna 2017. Jika pada tahun 2016 warna pink digunakan sebagai pembawa pesan kelembutan, namun pada tahun ini warna tersebut akan memiliki makna yang lebih luas. Jika sebelumnya warna pink seringkali dikonotasikan sebagai warna kaum hawa, namun di tahun 2017 ini anggapan tersebut nampaknya akan luntur. Warna pink, baik yang diterapkan dalam dunia fashion, branding, dan juga desain kemasan lebih ditujukan untuk menyampaikan pesan netralitas dan persamaan.

Penggunaan warna pink oleh desainger Boy Smells pada desain kemasan

02 Warna Kemerahan

Salah satu tren warna 2017 yang akan menjadi populer di tahun ini adalah warna yang memiliki corak kemerahan. Warna ini perupakan penggamabaran atau perumpamaan dari nilai-nilai yang berkaitan dengan budaya kontemporer. Selain itu, warna ini juga direpresentasikan sebagai warna netral serta corak warna yang menyiratkan daya tarik seksual.

[gambar 02] Horned melon planters oleh Chen Chen and Kai Williams

03 Coklat

Varian warna lain yang bakal menjadi tren warna 2017 adalah warna coklat. Penggunaan warna ini banyak diadopsi dalam dunia fashion, desain produk, maupun desain industri. Varian lain dari warna ini yang juga diprediksi bakal populer di tahun 2017 adalalah orange dan charcoal grey.

Warna kecoklatan pada desain mode

04 Warna Hijau dan Kuning

Kombinasi warna hijau gelap dan warna kuning merupakan salah tren warna 2017. Penggunaan warna ini dimaksudkan untuk menyampaikan pesan alami (natural) baik yang terdapat pada sebuah karya desain grafis, seni rupa, desain produk, maupun industrial design atau desain industri.

Dominasi warna pink pada desain Rose Gold MacBook

05 Warna Biru

Biru merupakan salah satu warna primer yang akan menjadi tren warna 2017. Modernitas dan naturalitas merupakan nilai filosif yang terkandung pada varian warna ini. Oleh sebab itulah banyak desain branding, logo, serta beragam produk desain grafis lainnya yang menggunakan warna ini sebagai warna dasar atau warna dominan.

Tamed Dandelion oleh Studio Gutedort