Tren tipografi 2017 yang Paling populer

tipografi

Beragam tren tipografi 2017 kini telah merambah di berbagai lini, bukan hanya yang terkait dengan dunia desain grafis semata.  Dalam hal apapun, tipografi selalu menjadi elemen yang harus mendapat perhatian. Dalam dunia percetakan atau printing, tipografi adalah penyampai pesan dari sebuah media kepada pembaca. Demikian halnya dalam dunia digital seperti desain website dan sejenisnya. Khusus di bidang desain website, tipografi bukan hanya mampu meningkatkan aspek pengalaman (User Experience) kepada pengguna. Namun di sisi lain, tipografi dalam desain web akan meningkatkan estetika dan citra artistik pada tampilan website itu sendiri. Untuk itu, menjadi penting untuk mengetahui beragam tren tipografi 2017 yang menjadi ulasan berikut.

Font Variable

Font dengan beragam variasi (variable font) pertama kali digaungkan pada pertengahan September 2016. Projek yang disebut sebagai OpenType Variable Font ini diprakarasi oleh tiga raksasa perusahaan digital, yakni Google, Microsoft, Apple, dan Adobe. Projek ini ditengarai akan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada perkembangan desain website responsive di masa-masa mendatang. Dari halaman blog Adobe Typekit dijelaskan bahwa dengan adanya teknologi variable font seorang desainer dapat melakukan customisasi jenis font tertentu hanya dengan melalui perangkat berbasis website.

Konsep variable font

Handwritten Font

Penggunaan font yang beraksen tulisan tangan atau handwritten font menjadi salah satu tren tipografi 2017. Oleh sebab itu, seringkali banyak kita temui beragam halaman website milik brand terkenal menggunakan jenis font tulisan tangan. Alasan yang paling sederhana dari penggunaan handwriting font adalah untuk menimbullkan kesan ramah dan bersahabat kepada pengguna maupun konsumen. Dengan demikian diharapkan banyak orang akan tertarik terhadap seuatu bisnis atau produk yang ditawarkan melalui halaman website yang bersangkutan.

Penggunaan handwriting font pada desain website

Penggunaan Jenis font yang Berbeda

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Wichita State University, jenis font seperti Times New Roman, Cambria, dan Arial merupakan simbol keteguhan. Akan tetapi jika Anda menginginkan hasil desain website anda lebih kreatif, maka rekomendasi font yang harus digunakan di antaranya adalah Kristen, Gigi, dan Rage Italic. Dewasa ini, penggunaan lebih dari satu jenis font pada media digital maupun printing telah menjadi salah satu tren tipografi 2017. Keragaman jenis font pada suatu karya desain grafis maupun desain website diharapkan mampu membuat koneksi antara produk yang dipasarkan kepada konsumen yang lebih beragam.

Beragam jenis font untuk beragam tujuan

Mengetahui beragam tren tipografi 2017 adalah salah satu dari beragam usaha dalam proses pemasaran. Artinya penggunaan tren tipografi mampu meresonansikan pesan mendalam dari sebuah brand atau produk kepada audience yang dimaksud. Pada desain website, tipografi akan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pengguna ketika menelusuri halaman demi halaman dari sebuah website.