Tren Desain Grafis yang Bakal Booming di Tahun 2017

desain grafis

Tren desain grafis mapupun fotografi seringkali mempengaruhi kehidupan manusia, salah satunya adalah desain visual. Sadar atau tidak, tren desain grafis, khususnya bidang desain komunikasi visual acapkali mempengaruhi kehidupan manusia. Meskipun hal ini tidak berarti bahwa setiap individu mesti mengikuti tren visual yang yang ada. Namun tidak ada salahnya jika kita paling tidak mengetahui seperti apa desain komunikasi visual yang akan menjadi kiblat di tahun 2017.

Sebagai pemimpin di bidang desain komunikasi visual, iStock by Getty Images dan Getty Images telah memetakan seperti apa tren desain visual yang akan nampak di tahun 2017. Tren desain visual yang akan muncul di tahun 2017 telah diprediksikan akan mempengaruhi segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia grafis, baik yang berhubungan dengan periklanan, desain komunikasi visual, dan lain sebagainya. Setidaknya hal tersebut akan bertahan selama 12 ke depan.

Gambar 1 Fotografi bergaya unfiltered

01. Unfiltered tren atau tren tanpa filter

Unfiltered tren dapat dikatakan sebagai hembusan angin perubahan bagi dunia fotografi komersial, yang ingin menyampaikan pesan estetika ala seni fotografi dokumenter sebagaimana terlihat pada gambar 1. Estetika dari seni foto jurnalisme (photojurnalism) begitu kental mewarnai sebuah karya fotografi milik Ryan J Lane berikut yang menggambarkan seorang gadis muda sedang bermain drum rock and roll. Desain media advertising yang mengambil tren ini, akan mampu membangkitkan minat konsumen akan suatu branding terutama dari kalangan kaum muda. Penggambaran tanpa filter sebagaimana yang dimaksud dalam tren desain visual ini akan menjadikan penceritaan iklan lebih dinamis dan tepat sasaran.

Gambar 2 Fotografi bergaya new naivety oleh Emholk

02. Tren New Naivety atau Kenaifan Baru

Pemasaran sebuah brand tentunya mengikuti media yang sedang menjamur di masyarakat. Sosial media yang tengah begitu menjamur di kalangan anak muda merupakan celah kesempatan bagi para pemilik branding dalam memperkenalkan brand mereka. Media social merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan generasi muda sekarang. Oleh sebab itu, sebuah tren desain grafis seperti media promosi bergaya New Naivety akan mampu menarik minat generasi muda terhadap suatu brand. Hal yang ingin disampaikan oleh tren New Naibety pada sebuah seni desain grafis adalah kesan lucu, nyata, sopan, dan penuh canda.

Gambar 3 Karya Fotografi dengan Tren VR

03. Tren Virtualitas

Sebagai salah satu prediksi dalam tren desain grafis di tahun 2017, tren virtualitas disinyalir akan menjadi salah tren desain grafis yang bakal booming di tahun 2017. Tren virtualitas (virtuality) mengkombinasikan sebuah hasil tangkapan kamera 360 derajat dengan teknologi realitas virtual (VR technology).

Karya fotografi berjudul Chinese dinner at home, salah satu tren fotografi 2017

Selain ketiga tren desain grafis, beberapa tren desain visual lainnya yang bakalan ngehit di tahun 2017 adalah tren color surge, gritty woman dan global neighbourhood. Informasi lebih detail mengenai seni desain grafis yang berhubungan dengan desain komunikasi visual yang akan meramaikan tahun 2017 dapat dilihat secara lebih detail di Visual Hub.

tren color surge