7 Tren Desain Grafis 2017 untuk Inspirasi Desain Anda

desain grafis

Salah satu topik hangat yang selalu dibicarakan di permulaan tahun 2017 ini adalah mengenai tren desain grafis 2017. Seperti apakah tren desain yang bakal muncul ke permukaan sepanjang tahun ini? Berikut adalah penjelasannya.

01 Tren Desain Grafis 2017 bergaya Campuran Modern – Retro

Salah satu tren desain grafis yang akan muncul ke permukaan sepanjang tahun ini adalah percampuran antara desain grafis bergaya modern dengan desain grafis beraksen retro. Sebanarnya tren desain modern – retro ini sudah mulai populer pada tahun 2016. Diperkirakan pada tahun 2017 ini, penggunaan tren ini di bidang desain grafis akan semakin banyak diadopsi. Sebagai salah satu tren desain grafis 2017, tren ini mencoba untuk menyatukan antara desain beraksen modern dengan desain beraksen lama (retro). Tren desain grafis bergaya modern – retro ini banyak dipakai pada desain kemasan, desain website, dan desain logo.

Desain kemasan bergaya modern-retro design

02 Tren desain Logo Responsive

Khusus di bidang desain logo, salah satu tren yang populer baru-baru ini adalah tren desain logo responsive. Desain logo responsive sama halnya dengan desain web responsive yang dibuat agar bisa menyesuaikan dengan beragam bidang layar tanpa mengurangi kualitas tampilan logo itu sendiri. Dilatarbelakangi perkembangan gadget yang semakin kompleks, tren desain logo responsive akan tetap popler di masa-masa mendatang.

Salah satu desain logo minimalis

03 Penggunaan Elemen Fotografi Cinemagraf

Elemen fotografi cinemagraf menjadi sangat dalam dunia desain grafis. Cinemagraf sendiri mengacu pada pemberian efek tertentu pada sebuah elemen fotografi statis agar terlihat lebih hidup. Biasanya efek yang diberikan berupa efek gerakan yang terjadi secara berulang-ulang. Penggunaan elemen ini biasanya dipergunakan pada desain media iklan untuk menjadikan desain tersebut nampak lebih hidup. Penggabungan elemen cinemagraf ke dalam media desain grafis, selain membuat tampilan desain lebih terasa hidup juga bertujuan untuk menarik perhatian pemisrsa, khususnya di untuk media iklan komersial.

Efek cinemaotgraf untuk membuat tampilan fotografi statis membuat nampak lebih hidup

04 Konsep Desain Grafis Bergaya Minimalis

Konsep desain grafis yang disuguhkan dengan aksen minimalis bertujuan untuk menyederhanakan “sesuatu” agar lebih fungsional. Popularitas desain minimalis berawal dari 20 hingga sekarang, dan telah banyak diterapkan pada beberapa bidang desain, baik desain grafis maupun desain interface (UI/UX). Di bidang web desain, konsep desain minimalis bertujuan untuk membuat tampilan antar muka sebuah halaman web dengan penataan tata letak yang lebih sederhana agar aspek fungsionalitas dapat lebih ditekankan. Hal ini juga berlaku pada desain aplikasi berbasis mobile yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sebagai salah satu tren desain grafis 2017, kepopuleran konsep desain minimalis ini akan tetap bertahan hingga masa-masa mendatang.

Konsep desain minimalis pada tampilan desain website

 05 Penggunaan Gambar Illustrasi Buatan Tangan (Hand Drawn Illustration)

Penggunaan gambar ilustrasi pada media desain grafis bertujuan untuk memberikan “nafas kehidupan” pada media itu sendiri. Tentu saja tanpa adanya elemen tersebut, sebuah karya desain akan nampak “sepi dan sunyi”. Nah, di tahun ini, penggunaan elemen illustrasi pada media desain semakin populer, khususnya gambar ilustrasi yang digambar secara manual (Hand drawn illustration).  Selain menambah kesan artistik, penggunaan gambar ilustrasi buatan tangan ini juga bertujuan untuk memberikan sentuhan humanisme pada media desain yang bersangkutan. Di samping itu, tren desain grafis 2017 ini juga akan memberikan gambaran mengenai tingkat kreativitas dari seorang desainer melalui hasil karya desain yang mereka hasilkan.

Penggunaan hand drawn illustration

06 Modular layouts

Penggunaan konsep desain modular akan semakin populer di tahun 2017. Tren desain grafis 2017 ini tidak hanya berhubungan dengan bidang desain grafis namun, namun mencakup bidang lain yang lebih luas seperti desain website, desain aplikasi mobile dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya yang ditawarkan oleh konsep desain modular? Sederhananya konsep desain modular (modular desaign atau modularity in design) adalah sebuah pendekatan di bidang desain (grafis dan interface) yang bertujuan untuk membagi-bagi “sistem” ke dalam satuan-satuan yang lebih kecil atau semakin mengecil. Berhubungan dengan konsep desain grafis, desain grafis modular adalah sebuah teknik di mana segala elemen desain dibangun berdasarkan pola grid system yang membentuk pola persegi panjang – di mana pola persegi ini berguna untuk menampung segala elemen yang ada pada media desain. Konsep desain modular sendiri pada mulanya banyak digunakan pada desain media surat kabar. Namun dewasa ini, penggunaan konsep ini telah merambah ke berbagai bidang desain, mulai dari desain tampilan website hingga desain tampilan aplikasi smartphone.

Desain grafis modular pada media printing seperti majalah

07 Kombinasi Fotografi beraksen Tegas dengan Teks Beraksen Halus

Salah satu inspirasi tren desain grafis 2017 yang populer digunakan adalah penggabungan elemen foto atau gambar beraksen kuat dan tegas dengan elemen tipografi yang memiliki tampilan lebih halus atau minimalis. Kombinasi kedua elemen desain grafis ini akan membuat tampilan desain lebih dinamis dan kontras, sehingga akan terlihat lebih menawan.

Kombinasi elemen fotografi dan tipografi untuk menghasilkan tampilan kontras pada media desain