Perbandingan Fitur Google Pixel dan Google Pixel XL

review

Baru-baru ini perusahaan raksasa internet Goole telah meluncurkan duo smartphonenya yang bertajuk Google Pixel dan Google Pixel XL. Duet kedua produk smartphone besutan Google ini diprediksikan akan menjadi saingan beberapa merk smartphone android lainnya, sebut saja seperti Samsung Galaxy S8. Meskipu telah sama-sama menjalankan system operasi android teranyar, yakni Android Nougat 7.1 – namun kedua ponsel ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Beda Fitur Google Pixel dan Google Pixel XL

Lantas, perbedaan fitur apa sajakah yang dibawa oleh kedua smartphone keluaran Goole tersebut. Jika dilihat dari segi desain, nyaris tidak ada perbedaan yang cukup signifikan kecuali dalam hal ukurannya saja. Google Pixel memiliki ukuran 5 inci, sementara sang saudara kembarnya – yakni Google Pixel XL memiliki ukuran lebih lebar 0,5 inci. Akan tetapu jika menengok jeroan dari kedua smartphone android tersebut, kita akan banyak menemukan beberapa perbedaan yang cukup mecolok.

Penamapakan smartphone Google Pixel

Smartphone Google Pixel yang memiliki ukuran body lebih ramping ditenagai dengan baterai berdaya 2.770 mAH. Sebaliknya untuk Google Pixel XL dilengkapi dengan catu daya yang lebih besar, yakni sebuah baterai berdaya 3.450 mAH. Tentu saja perbedaan pada asupan daya pada kedua smartphone ini memiliki pengaruh terhadap masukan energy yang diperlukan untuk menjalankan kedua ponsel pintar tersebut. Dengan kata lain, Google Pixel XL yang memiliki daya lebih tangguh dari saudaranya akan memiliki jangka pemakaian yang terbilang lebih lama.

[Gambar 2} Google Pixel dan Google Pixel Plus

Dari segi tampilan layar yang dibawa oleh kedua ponsel pintar tersebut memiliki sedikit perbedaan. Meskipun keduanya telah mengadopsi teknologi AMOLED plus Gorilla Glass 4, kedua ponsel tersebut memiliki resolusi layar yang berbeda. Pada Google Pixel resolusi layar yang dimiliki adalah 1920 x 1080 piksel (440 ppi), sementara untuk Pixel XL tampilan layarnya memiliki resolusi 2.560 x 1.440 (534 ppi).

[Gambar 3} Dimensi layar pada Google Pixel

Harga Google Pixel

Dari segi harga pun, kedua ponsel pintar ini memiliki selisih harga yang jauh berbeda. Google Pixel dengan memori penyimpanan internal sebesar 32 GB dibandrol pada kisaran harga Rp. 8,5 juta-an. Sementara untuk Google Pixel dengan memori internal 128 GB diaptok dengan harga Rp. 8,8 Juta. Sebaliknya untuk edisi Google Pixel Plus 32 GB harganya kurang lebih Rp. 10 Juta, sedangkan Google Pixel plus 128 GB dibandrol dengan kisaran harga Rp. 11,2 Juta.