Panduan tipografi dalam desain grafis untuk pemula

tipografi

Istilah tipografi seringkali membingungkan bagi mereka yang baru belajar desain grafis. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan diulas tentang beberapa arti dari beberapa istilah tipografi. Sebab salah satu topik yang paling diperdebatkan dalam ranah desain grafis adalah pemilihan font dan tipografi. Kedua topik ini seringkali menjadi perdebatan sengit baik di antara para desainer grafis maupun antara desainer dengan pelanggannya. Sebuah desain logo misalnya akan terlihat menarik dan eye ctaching atau bahkan membosankan sangat tergantung terhadap pemilihan jenis font yang digunakannya. Oleh sebab itu, memahami sebuah konsep tipografi yang relevan dapat menjadi langkah awal bagi setiap desainer grafis untuk menelurkan karya-karya kreatif mereka.

Panduan Tipografi untuk Desain Grafis

Dengan berpatokan pada panduan tipografi yang tepat sebuah desain majalah akan terlihat menarik untuk dibaca. Demikian halnya dengan layout buku, susunan teks yang begitu banyak akan terlihat begitu rapi dan tidak melelahkan untuk dibaca manakala seorang desainer mampu menerapkan panduan tipografi yang diketahuinya. Dengan kata lain, kegagalan dalam menggunakan elemen tipografi dalam desain grafis dapat dihindarkan. Misalnya penggunaan font yang terlalu besar, kesalahan pemilihan jenis font, dan sejenisnya. Tentu saja kesalahan semacam ini akan membuat desain yang dihasilkan menjadi kurang menarik dan menjemukan.

tipografi dan font merupakan hal yang tak terpisahkan dalam desain grafis

Beragam Istilah Tipografi

Bagi seorang type desainer atau perancang huruf, panduan tipografi akan sangat bermanfaat manakala merancang sebuah font. Ia akan lebih mengetahui bagaimana membuat sebuah descender pada huruf “y” misalnya. Atau membuat ‘mata’ pada huruf “e”, dan memberikan “telinga” pada huruf “g”. Sebuah karakter, sebenarnya tersusun dari beragam elemen, baik berapa garis lengkung, stroke diagonal dan sejenisnya. Di bidang tipografi elemen-elemen tersebut memiliki istilah yang berbeda-beda.  Sebagai contoh istilah aperture dalam tipografi mengacu pada sebuah area atau sebagian area yang diapit oleh bentuk karakter. Sebagai contoh seperti pada huruf “a” berikut ini.

apaerture dalam karakter huruf a

Infografik panduan tipografi

Lebih jauh mengenai panduan tipografi dapat dilihat pada infografis berikut ini. Panduna tipografi ini telah dipublikasikan oleh The Logo Company dalam bentuk infografi yang stylish untuk membantu para desainer dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya.

infografis tentang arti istilah dalam tipografi