Panduan Memilih Desain Logo untuk Usaha Anda

desain grafis

Desain logo dapat diartikan sebagai suatu identitas bagi sebuah bisnis. Di samping sebagai salah satu strategi branding, desain logo dapat mejadi ciri khas tersendiri bagi sebuah usaha. Dengan demikian konsumen dapat membedakan antara satu perusahaan dengan yang lainnya meskipun mereka sama-sama terjun dalam bisnis serupa. Oleh sebab itu, bagi setiap orang yang memiliki sebuah bidang usaha, baik offline maupun online memilih sebuah desain logo yang tepat adalah sebuah keharusan. Dengan demikian orang akan mudah mengenali usaha yang mereka kembangkan.

Tekait dengan hal tersebut, lalu bagaimana kita memilih sebuah desain logo yang benar-benar matching dengan bidang usaha yang kita jalankan? Apakah kita harus memilihi desain logo yang begitu kompleks dengan beberapa kombinasi warna? Ataukah hanya sebuah desain logo minimalis dan sederhana yang tidak terlalu ribet? Di sini kita akan mencoba menelusuri lebih dalam mengenai penggunaan desain logo mulai dari yang paling sederhana hingga logo yang terlihat lebih kompleks. Tentu saja baik desain logo simple maupun desain logo kompleks masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

contoh desain logo dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks

Panduan Memilih Desain Logo Sederhana

Keindahan ada di balik kesederhanaan. Prinsip inilah yang menjadi asalan bagi banyak desainer mengapa mereka lebih menyukai untuk menciptakan desain logo sederhana. Alasan lain adalah bahwa penggunaan bentuk serta kombinasi warna yang simpel akan desain logo lebih mudah diingat. Meskipun bagi seseorang yang hanya sekilas melihat logo tersebut.

Di samping itu, desain logo simple akan lebih mudah untuk diproduksi. Misalnya ketika desain logo tersebut akan turut dicetak pada desain T-shirt atau kaos, dan beragam stasionary perusahaan lainnya. Tentu saja desain logo akan terlebih detal dan di sisi lain juga dapat meminimalisir pembiayaan. Sebab tidak terlalu banyak menggunakan warna.

Meskipun demikian, ada pihak yang berkeyakinan bahwa desain logo sederhana akan mengalami kesulitan dalam hal pemasarannya. Di samping juga sulit dalam menemukan rumusan makna filosofis dari desain logo itu sendiri. Namun pada hakikatnya hal tersebut sejatinya sangat berkorelasi dengan teknik, strategi dan rumus pemasaran yang diterapkan pada desain logo tersebut.

Panduan Memilih Desain Kompleks

Desain logo akan terlihat atraktif dan mampu menarik perhatian jika menggunakan kombinasi bentuk dan warna yang beragam. Hal inilah yang menjadi landasan dasar bagi seorang desainer dalam menciptakan desain logo yang begitu kompleks. Biasanya mereka menggunakan permainan bentuk dan warna dalam mengkreasikan sebuah desain logo kompleks. Alasan seperti inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik dengan logo kompleks daripada desain logo sederhana.

Konsekuesni dari sebuah desain logo kompleks sebenarnya terletak pada semakin melemahnya arti dan makna yang terkandung dalam desain logo kompleks itu sendiri. Artinya pesan dan informasi yang ingin disampaikan melalui desain logo akan semakin memudar tertelan oleh banyaknya permainan warna, gaya dan bentuk yang digunakan dalam sebuah desain logo. Tentu hal ini tidak akan terjadi pada desain logo sederhana

Jadi pada intinya, membuat desain logo kompleks memerlukan penalaahan mendalam serta proses yang panjang untuk menemukan desain yang ideal. Artinya nilai-nilai filosofis perusahaan akan tetap terwakili dan mudah diterjemahkan meskipun dihadirkan pada desain logo kompleks. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para desainer grafis. Jadi baik desain logo sederhana maupun kompleks masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.