Menyambut Natal dengan koleksi buku Web design Terbaik

web design

Tidak ada salahnya menambah koleksi buku web design menjelang hari natal tiba untuk dinikmati sepanjang musim libur Natal 2016. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi judul buku yang berkaitan dengan tema web design – tentu saja beberapa buku ini dapat menjadi referensi bacaan siapapun yang memiliki passion di bidang web design.

01. Pixels and Place

Buku yang berjudul Pixel and Place, Connecting Human Experience across Physical and Digital Space ini adalah hasil karya seorang aktifis teknologi humanis bernama Kate O’ Neil. Buku ini mencoba menjamah persoalan mengenai bagaimana perkembangan teknologi yang begitu dahsyat seperti smartphone, internet, dan social media mampu menyamarkan garis batas antara dunia online dan offline. Hal yang menjadi poin pembahasan pada buku ini adalah bahwa kehidupan manusia dewasa ini adalah kehidupan yang selalu bersentuhan dengan dunia online. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana dunia online tersebut mampu mendesain pengalaman bagi setiap penggunanya. Di dalam buku ini penulis mencoba untuk mengeksplorasi bagaimana menghadirkan sebuah desain teknologi berbasis aplikasi website maupun aplikasi mobile tanpa mengkebiri nilai-nilai kemanusiaan. Tentu saja beragam teknologi tersebut mampu menawarkan sesuatu yang sangat berarti dan berguna bagi kehidupan manusia. Buku web design ini secara umum dapat dijadikan referensi bagi mereka yang berkutata di bidang dunia desain grafis, desain ux, maupun para technopreneur, maupun web designer.

Gambar 01 Design for Real Life

02. Design for Real Life

Kehidupan nyata manusia sangatlah berbeda dengan kehidupannya di dunia online. Kehidupan manusia di dunia nyata (real world) sangatlah dipengaruhi oleh berbagai persoalan yang berkelindan di sekitarnya. Acapkali segala persoalan yang mereka hadapi menimbulkan rasa frustasi, stress, bahkan despresi. Nah, buku yang ditulis oleh Eric Meyer dan Sara Wachter-Boettcher ini mencoba menawarkan solusi pengembangan desain website atau web design yang mampu menyentung sifat emosianal manusia melalui buku web design ini. Artinya konsep desain website yang diulas dalam buku ini ditujukan agar website tersebut nantinya mampu menarik pengguna yang lebih beragam.

Gambar 01 Pixels and Place Connecting Human Experience Across Physical and Digital Spaces

03. Practical SVG

Penggunaan vector berformat svg sudah sangat umum baik dalam proses pengerjaan projek desain grafis maupun web design. Buku ini dapat menjadi permulaan langkah bagi setiap desainger grafis maupun web designer dalam pemnfaatan file SVG di setiap projek desain grafis maupun pengembangan aplikasi berbasis website atau web application.

Gambar 03 Practical SVG

04. Working the command line

Mungkin bagi pengguna komputer yang terbiasa menggunakan aplikasi kompuer berbasis GUI akan merasa takut untuk mencoba sesuati berbasis CLI atau Command Line Interface. Namun seorang penulis yang bernama Remy Sharp telah berhasil menemukan trik-trik khusus bagaimana mempelajarinya dengan lebih efisien dan praktis.

Gambar 04 Working the command line

05. Draplin Design Co.: Pretty Much Everything

Buku yang Draplin Design Co.: Pretty Much Everything secara khusus membahas mengenai perjalanan karir Aaron James Draplin di bidang desain grafis. Buku ini dikemas dengan model penceritaan yang menghibur bagi pembacanya sehingga sangat cocok sebagai bacaan ringan di kala waktu luang. Bukan hanya mengenai karirnya, berbagai karya hasil kratif miliknya seperti logo untuk web design dan berbagai karya desain grafis lainnya juga secara gambling dikupas di dalam buku ini.

Gambar 05 Pretty Much Everything