Mengenal Layout buku Epub dalam Digital Publishing

layout Design

Dewasa ini bidang layout buku tidak hanya diperuntukan bagi penerbit konvensional belaka. Layanan jasa desain layout juga banyak diminati bagi mereka yang menerbitkan buku secara online, yaitu dengan format buku digital epub. Memang di era yang serba digital seperti sekarang ini, mempublikasikan buku tidak hanya bisa dilakukan melalui penerbitan. Buku maupun majalah juga dapat dipublikasikan dalam format eBook maupun eMagazine tanpa perlu mencetaknya terlebih dahulu. Selain lebih ekonomis karena tidak memerlukan biaya pencetakan, mempublikasikan eBook juga dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan. Dan di sisi lain dapat mendatangkan keuntungan materiil karena eBook dapat dijual secara online kepada seluruh pengguna internet. Salah satu format ebook yang paling populer sekarang ini adalah epub. Apa itu epub? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu EPUB?

EPUB adalah singkatan dari Electronic Publication Format. Dengan kata lain epub adalah sebuah format dokumen yang digunakan untuk tujuan publikasi digital semisal eBook. Ebook dengan format epub ini dapat dibaca melalui gadget atau perangkat yang memiliki dukungan terhadap format file epub seperti eReader atau tablet.

Contoh layout buku epub

Buku digital berformat epub memiliki kesamaan dengan sebuah halaman website. Yaitu sama-sama dibuat berdasarkan tag atau script HTML. Tidak hanya perangkat khusus yang memang dibuat untuk membaca buku-buku digital, pembaca juga dapat membaca koleksi buku berformat epub mereka melalui perangkat laptop, tablet maupun smartphone. Asalkan pada perangkat tersebut telah terpasang aplikasi pembaca epub atau epub reader. Jika anda merasa tertarik untuk mempublikasikan tulisan anda dalam format epub, paling tidak ada dua hal yang perlu diketahui dalam membuat layout buku dengan format ini. Layout buku epub mengenal dua bentuk format, yaitu reflowable layout dan fixed layout.

layout Buku epub dengan quarkexpress

layout buku epub Reflowable

Pada layout buku epub dengan konsep reflowable, dokumen epub akan memuat serangkaian ‘live text’. Artinya pembaca dapat menandai, memilih maupun mencari kata-kata tertentu pada sebuah buku berformat epub. Bahkan pembaca dapat merubah ukuran dan jenis font pada format reflowable epub ini. Secara otomatis teks yang diperbesar akan menyesuaikan dengan media yang ada. Seperti ketika Anda membaca sebuah artikel pada sebuah halaman website responsive. Layout buku epub dengan model reflowable layout ini sangat ideal diterapkan pada buku-buku seperti novel maupun prosa yang tidak memuat gambar sama sekali.

reflowable layout buku epub pada perangkat kindel

layout buku epub fixed layout?

Berbeda dengan reflowable layout, epub yang dibuat dengan model fixed layout tidak memiliki fitur responsive. Biasanya layout ebook dengan format fixed layout memiliki elemen desain yang lebih kompleks. Mulai dari tipografi, elemen visual, gambar, grafik dan sejenisnya. Dengan kata lain, untuk desain layout yang lebih kompleks seperti desain majalah, membuat format epub dengan model fixed layout lebih direkomendasikan. Dari segi tampilan, epub fixed layout lebih menyerupai file pdf biasa.

Contoh fixed layout epub

Format epub apa yang paling ideal untuk layout buku epub?

Bagi seorang penulis, menerbitkan sebuah buku karyanya bisa jadi menjadi salah satu impian terbesarnya. Kehadiran teknologi buku digital seperti epub semakin menambah kesempatan bagi para penulis dalam menelurkan karya-karyanya. Selain terbilang murah dari segi pembiayaan, buku dalam format epub juga langsung dapat dipasarkan lewat toko buku online. Namun demikian, membuat format layout buku epub sudah barang tentu harus mengikuti versi epub itu sendiri, yang sampai pada saat ini, yakni epub 3.0.1.

Jika anda hendak mempublikasikan buku novel karya anda, maka format epub yang paling relevan adalah yang mengikuti standar reflowable layout. Sementara untuk buku yang memuat beragam materi seperti grafik dan gambar, format buku epub yang ideal adalah model fixed layout. Menggunakan format ini pada desain majalah digital maupun buku elektronik sangat disarankan. Efek yang kita gunakan seperti penggunaan transparancie dan gradasi warna masih tetap bisa dinikmati pada format fixed layout.