5 Jenis font keren untuk Buku yang Harus Anda miliki

tipografi

Apa sajakah jenis font keren untuk buku? Dan bagaimana cara menentukan jenis font yang ideal yang akan membuat buku yang dicetak terlihat menarik? Kedua pertanyaan mendasar tersebutlah yang akan menjadi pembahasan dalam artikel ini. Pada dasarnya, dalam membuat layout buku, pemilihan jenis font merupakan hal yang sangat krusial. Kesalahan dalam menentukan jenis font akan menyulitkan pembaca dalam memahami keseluruhan isi buku. Di saat yang sama tampilan konten buku juga akan kehilangan nilai estetisnya, sehingga tiap-tiap halaman buku akan nampak tidak proporsional. Nah untuk itulah dibutuhkan jenis font tertentu yang mampu menamiplkan isi buku secara proporsional agar mudah dibaca oleh pembaca.

Baskerville

Font baskerville merupakan font type berjenis serif. Font ini sangat ideal untuk digunakan sebagai body teks pada buku-buku dengan tema kesusasteraan seperti novel, antologi puisi, maupun antologi cerpen. Jenis font ini memiliki tampilan klasik sekaligus modern yang menyiratkan makna intelektualitas.

01 Baskerville, font untuk buku fiksi sastra

Sabon

Untuk buku-buku fiksi romans, Sabon merupakan salah satu jenis font keren untuk buku. Untuk segala buku bergenre roman, dari yang klasik hingga modern, font type ini merupakan pilihan font yang ideal. Bentuknya yang minimalis akan membuat tampilan isi buku nampak elegan dan mudah dibaca.

02 Sabon, jenis font untuk buku roman

Garamond

Garamond, mungkin menjadi salah satu font type yang sangat familiar di kalangan para desainer grafis. Font type bergaya klasik ini memiliki tampilan yang anggun namun berkesan tegas sehingga cocok digunakan untuk buku fiksi thriller. Buku-buku fiksi thriller yang menggunakan font Garamond di antaranya adalah buku karangan Dan Brown dan Gillian Flyn. Jika Anda menginginkan versi modern dari font type ini, Adobe Garamond Pro adalah pilihan yang ideal. Di samping itu, ada pula font garamond gratis yang dapat digunakan untuk tujuan komersial, yakni Cormoran Garamond dari Google font.

03 Garamond, font untuk buku fiksi thriller

Caslon

Calson merupakan pilihan jenis font terbaik untuk buku-buku akademis seperti jurnal ilmiah, kumpulan paper, dan buku-buku non-fiksi lainnya. Calson merupakan salah satu font type yang mampu menampilkan kesan serius. Secara visual, font berjenis serif ini akan memberikan aksen klasik pada desain layout buku yang anda buat. Untuk tampilan yang lebih modern anda dapat memilih font Adobe Caslon Pro yang biasanya telah terpaket di dalam software desain grafis buatan Adobe.

04 Calson, cocok digunakan untuk buku akademik

Utopia

Font type dengan nama Utopia merupakan salah satu jenis font keren untuk buku – terutama buku bertema umum (general interest). Biasanya font type ini digunakan pada media printing, baik buku, majalah maupun surat kabar yang memuat informasi faktual.

05 tampilan font utopia