Inspirasi Desain Website Responsive dengan Ilustrasi Handrawn

web design

Gambar ilustrasi atau sketsa buatan tangan (handrawn) menjadi salah satu elemen populer yang digambungkan dengan konsep desain website responsive belakangan ini. Itulah mengapa penggunaan elemen ilustrasi menjadi begitu penting bahkan telah menjadi tren desain website dari tahun ke tahun. Ilustrasi handrawn di samping mampu menarik minat pengunjung, di sisi lain dapat menjadi cara kreatif bagi web developer dalam menyampaikan informasi. Berikut kami sajikan beragam inspirasi desain website dengan elemen kreatif ilustrasi tangan.

The Carbon Tree

Gambar ilustrasi dapat menjadi cara yang begitu efektif dalam penyampaian informasi di sebuah halaman website. Beragam informasi yang tersampaikan melalui ilustrasi handrawn tidak akan terkesan kaku dan formal, sehingga akan lebih mengena di hati para pembaca. Desain website responsive berikut ini menunjukan bagaimana penggunaan elemen ilustrasi dapat bekerja sebagai penyebar informasi tanpa menimbulkan kesan formal.

{Gambar 01] ilustrasi handrawn pada website responsive

Rob Lutter

Sementara desain website responive berikut ini menggunakan jenis font handrawn sebagai salah satu elemen yang dominan. Yaitu pada bagian setelah elemen navigasi. Paling tidak, hanya dengan membaca tagline pada website tersebut, pengunjung akan tahu mengenai bidang atau bisnis apa yang menjadi fokus di halaman website tersebut.

{Gambar 02] website Rob Lutter dengan konsep desain website responsive

Made of Sundays

Madeofsundays.com merupakan website toko online yang menjual barang perabotan rumah tangga. Halaman website responsive pada situs tersebut memiliki beragam ilustrasi yang dibuat secara manual untuk menampilkan beragam kategori produk tertentu.

{Gambar 03] Made of Sundays, contoh desain website toko online dengan gaya ilustrasi tangan

Enjoythis

Kombinasi warna yang begitu kontras pada desain website responive berikut patut dijadikan sebagai inspirasi. Di samping kesederhanaan dari sisi konsep desainnya, gambar ilustrasi pada desain website responsive berikut mampu menjadi sebuah penarik perhatian yang begitu kreatif.

{Gambar 04] Enjoythis, desain website portofolio

JK Design

Desain website responsive berikut ini merupakan web portofolio dari sebuah agensi desain grafis. Desain website responive ini mengusung tema sederhana sebagaimana terlihat pada layout landing pagenya. Penggunaan elemen tipografi tangan menjadi elemen yang terlihat unik pada desain website tersebut.

{Gambar 05] tampilan website responsive JK Design

Penggunaan gambar ilustrasi yang dibuat secara manual memang telah menjadi tren tersendiri di bidang web desain. Dengan menambahkan ilustrasi buatan tangan pada desain website resopnsive, pada satu sisi akan memberikan sentuhan artistik pada tampilan website.

{Gambar 06] salah satu contoh web responsive