Evolusi beragam Fitur Adobe Photoshop CC 2017

review

Kehadiran Adobe Photoshop CC 2017, tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para desainer grafis dan fotografer. Ditambah dengan banyaknya fitur baru, tentu membuat kalangan desainer ingin menjajal sejauh mana kehandalan aplikasi pengolah foto ini dalam menunjang pekerjaan mereka. Memang dalam dunia desain grafis maupun fotografi, aplikasi adobe yang satu ini terkenal akan ketangguhannya dalam membuat beragam efek visual yang spektakuler, seperti dalam hal manipulasi foto, photo retouching, dan lain sebagainya. Pun dalam dunia percetakan dan publikasi, aplikasi ini seringkali digunakan dalam membuat beberapa produk desain grafis seperti cover buku dan majalah, poster, maupun desain interface seperti website dan icon untuk aplikasi mobile. Nah, di sini penulis akan mengulas sedikit banyak mengenai fitur baru apa saja yang dibawa oleh Adobe Photoshop CC 2017.

Tampilan Start Workspace

Meski telah lama diperkenalkan sejak tahun 2015, tampilan start workspace pada photoshop CC 2017 telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal ini bukan saja terasa dari tampilan desain visualnya saja, namun juga dari beragam opsi yang dibawanya. Start workspace sendiri merupakan tampilan yang pertama kali dimunculkan manakala aplikasi photoshop dijalankan. Perubahan yang paling terlihat pada tampilan start workspace di Photoshop CC 2017 adalah hilangnya bagian tab Presets dan Libraries. Kedua tab ini digantikan dengan tab CC files. Hal ini membuat tampilan workspace tampak lebih sederhana namun elegan.

tampilan baru document preset Adobe photoshop cc 2017

Fitur New Document lebih Intuitif

Nampaknya, pihak Adobe telah mempermak habis-habisan salah satu fitur photoshop cc 2017, yaitu fitur untuk membuat dokumen baru (New Document). Pada tampilan jendela New Document di Photoshop CC 2017 beberapa fungsi masih dipertahankan. Namun berbeda dengan versi-versi pendahulunya, pada photoshop 2017 kali ini pengguna dapat mengakses beragam template photoshop gratis dari situs Adobe Stock. Hal ini tentu akan membantu mempercepat pekerjaan pengguna.

Fitur pencarian Photoshop

Penambahan fitur Adobe Photoshop CC 2017 juga terlihat dengan disematkannya fitur pencarian pada software desain grafis ini. Fitur ini sangat berguna terutama bagi mereka yang baru mulai belajar membuat desain deingan photoshop. Dengan fitur pencarian photoshop, pengguna dapat mencari letak menu, asset, dokumen dan lain sebagainya.

SVG Color Fonts

Fitur photoshop CC 2017 lainnya yang terbilang baru adalah adanya fitur SVG Color Fonts. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memakain jenis font ternteu yang memiliki format SVG. Di samping itu, photoshop CC 2017 juga memiliki fitur EmojiOne dan Trajan Color Concept, sehingga pengguna dapat menggunakan Emoji secara lansgung dari dalam aplikasi photoshop.