7 Cara Mudah Belajar Desain Grafis di tahun 2017

desain grafis

Tidak terasa bahwa tahun baru 2017 sudah separuh jalan. Berbagai resoulis tahun baru yang biasanya direnacanakan oleh sebagian orang pun kian menguap seiring dengan perjalanan waktu. Akan tetapi jika resolusi yang anda buat adalah untuk belajar desain grafis di awal tahun 2017 ini, berikut ini adalah beberapa tips mudah belajar desain grafis yang dapat Anda pergunakan sebagai salah satu referensi desain grafis Anda. Secara sederhana, langkah-langkah yang dapat Anda tempuh jika Anda ingin belajar tentang desain grafis adalah:

01 Mempelajari Teori Dasar Desain Grafis

Mempelajari dasar-dasar teori desain grafis adalah hal yang paling fundamental bagi siapapun yang hendak belajar desain grafis. Teori dasar desain grafis paling tidak mencakup beberapa hal, di antaranya adalah pengenalan teori gird, konsep dasar pemilihan warna dalam desain grafis, dasar-dasar tipografi dan konsep golden ration. Mempelajari teori dasar desain grafis dapat ditempuh dengan mengambil pendidikan pada jurusan desain grafis ataupun dengan mempelajarinya secara otodidak. Pemahaman konsep paling dasar tentang desain grafis ini akan memudahkan seseorang dalam belajar desain grafis pada level yang lebih kompleks.

Behance merupakan tempat diskusi online bagi para desainer grafis

02 Belajar dari Sebuah Kritik

Jika seseorang telah mulai bersentuhan dengan berbagai pekerjaan desain grafis, kritik merupakan sebuah keniscayaan. Dari sebuah kritik yang diberikan oleh orang lain terhadap karya atau pekerjaan desain grafis seseorang biasanya akan memberikan secercah inspirasi dalam menemukan ide atau gagasan di masa-masa mendatang. Meski pada dasarnya sebuah kritik dapat mengaduk-ngaduk sisi emosional seseorang, namun dalam belajar desain grafis kiritk harus kita terima sebagai umpan balik dari sebuah proses kreatif. Jika perlu mintalah kiritk kepada seseorang atas

Buku tentang desain grafis yang ditulis oleh Michael Bierut, berisi paling tidak 35 projek desain grafis yang dapat menjadi inspirasi Anda

03 Mulailah Belajar Hal-hal Baru

Jangan terlalu fokus dengan sebuah pekerjaan sementara anda melewatkan beragam hal yang terjadi di sekitar Anda. Mengerjakan projek desain grafis yang sama secara terus menerus akan membuat keterampilan desain grafis anda menjadi basi. Di satu sisi hal tersebut juga akan menyebabkan berkurangnya antusiasme terhadap tren-tren desain grafis yang muncul ke permukaan. Padahal dalam belajar desain grafis, mempelajari hal-hal yang baru yang berkaitan dengan dunia desain grafis adalah hal yang sangat vital. Pada dasarnya mempelajari sesuatu yang baru dalam desain grafis jauh lebih mudah, apalagi jika hal baru tersebut memang berkaitan dengan projek yang sedang Anda kerjakan. Dalam hal ini, Anda dapat mulai mencoba sesuatu yang sesuai dengan passion anda di bidang desain grafis. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan keterampilan yang sebelumnya belum pernah Anda miliki.

Golden ratio adalah konsep fundamental bagi seorang desainer grafis

04 Teruslah Berinovasi

Inovasi mutlak diperlukan jika Anda ingin terjun dalam dunia desain grafis. Dalam dunia startup ada sebuah semboyan yang berbunyi “Fail fast”. Secara harfiah pasemon atau semboyan ini berarti temukanlah faktor kegagalan dengan cepat. Dalam konteks belajar desain grafis, semboyan ini dapat dimaknai sebagai suatu usaha, ujicoba, maupun inovasi yang dilakukan secara terus-menerus untuk menemukan hasil terbaik. Berinovasilah dalam menggunakan font type, sentuhan warna, konep layout dan beragam elemen desain grafis lain. Dengan demikian karya desain yang dihasilkan tidak terlihat monoton.

Sebuah side project milik seorang desainer grafis bernama Jessica Hische

05 Berdiskusi dengan Desainer Lain

Berdiskusi dengan desainer lain merupakan salah satu cara yang ideal dalam belajar desain grafis. Di era sosial media seperti sekarang ini, menemukan forum-forum desain grafis online dapat dilakukan dengan mudah. Bergabunglah dengan mereka, baik melalui media sosial, forum maupun portal online yang seringkali dijadikan sebagai “tongkrongan” para desainer grafis seperti deviantart, behance dan dribble.

06 Membaca Buku tentang Desain Grafis

Salah satu cara paling mudah belajar desain grafis adalah dengan membaca beberapa buku referensi desain grafis. Dewasa ini menemukan beragam e-book tentang desain grafis dapat dilakukan dalam hitungan detik. Di samping itu, buku-buku bertema desain grafis juga sangat banyak tersebar di berbagai toko buku. Banyaknya literatur desain grafis yang pernah Anda baca akan semakin menambah wawasan serta keahlian Anda di bidang desain grafis.

07 Belajar Desain Grafis dari Video Tutorial

Salah satu sumber referensi untuk belajar desain grafis adalah melalui video tutorial. Melalui video tutorail kita bisa belajar sekaligus memparktekkan segala hal yang berkenaan dengan desain grafis seperti membuat efek cahaya pada Photoshop, membuat desain majalah dengan indesign maupun desain logo dengan illustrator.