Cara Mengubah Ukuran Foto di Photoshop Agar Tidak Pecah

desain grafis

Mengubah ukuran foto di photoshop dapat menjadi salah satu pekerjaan yang kompleks bagi seorang blogger. Di samping ukuran gambar yang harus disesuaikan dengan ukuran tampilan desain website maupun blog, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Yaitu kualitas foto atau gambar itu sendiri. Kesalahan dalam pengolahan file gambar maupun foto dapat berarti kehilangan kualitas gambar yang kita inginkan. Oleh sebab itu, berikut ini kami berikan beberapa tips cara mengubah ukuran foto di photoshop tanpa harus kehilangan kualitas dari foto itu sendiri.

Memang, penggunaan gambar maupun foto memang sudah menjadi kelaziman di kalangan pemilik blog maupun website. Penggunaan gambar selain dapat mempercantik tampilan blog maupun website, di sisi lain juga dapat membantu pembaca dalam memahami sebuah artikel. Misalnya sebuah artikel mengenai tutorial desain grafis akan sulit dipahami bukan? Lalu, bagaimanakan cara mengubah ukuran foto di photoshop? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Gambar asli sebelum diperbesar

Cara Mengubah Ukuran Foto di Photoshop menjadi Lebih Besar

Langkah 1. Buka foto atau gambar yang ingin anda edit menggunakan program Adobe Photoshop. Pada tutorial ini, penulis menggunakan Photoshop CC 32 bit. Sebagai contoh, penulis ingin mengubah ukuran foto atau gambar dengan lebar 640 pixel menjadi 1.600 px. Untuk merubah dimensi foto dapat dilakukan melalui menu Image > Image Size (Alt + Ctrl + i). Pada jendela pengaturan lalu ubah ukuran gambar sesuai dengan yang dikehendaki. Penulis menggunakan ukuran pixel pada tutorial ini dengan asumsi bahwa foto atau gambar nantinya akan digunakan pada postingan di website atau blog. Beri tanda tanda centang pada opsi Resample, kemudian pada pilihan di sebelahnya pilih Bicubic Smoother (Enlargement).

Merubah ukuran gambar di Photoshop

Langkah 2. Jika menginginkan gambar yang lebih tajam, maka pada opsi Resample pilih Reverse Detail (Enlargement). Dengan ketajaman gambar yang diperbesar akan tetap dipertahankan.

Pilih preserve detail agar gambar yang diperbesar tetap tajam

Cara Mengubah Ukuran Foto di Photoshop menjadi Lebih Kecil

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola sebuah website bukan hanya berkaitan dengan dengan sebagus apa desain website yang kita miliki. Optimasi on page SEO juga perlu diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan penggunaan gambar di tiap postingan artikel. Gambar yang kita upload sebenarnya sangat mempengaruhi kecepatan sebuah website (page speed) dalam meload atau menampilkan konten website kepada pembaca. Sampai saat ini, page speed masih menjadi salah faktor SEO yang harus diperhitungkan. Oleh sebab itu, gambar yang diposting ke dalam suatu halaman website maupun blog hendaknya memiliki ukuran sekecil mungkin. Dengan demikian, pengunjung tidak membutuhkan waktu lama dalam menelusuri sebuah halaman website maupun blog. Nah, untuk itu berikut ini adalah cara mengubah ukuran foto di photoshop agar memiliki ukuran file yang lebih kecil namun tidak mengurangi kualitas foto tersebut.

Perbandingan kualitas gambar sebelum dan sesudah diperbesar

Langkah 1. Buka file gambar menggunakan program Adobe Photoshop CC. Pada menu bar pilih Image > Image Size. Perkecil dimensi gambar (width dan height) sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pada contoh ini penulis ingin memperkecil ukuran gambar dengan lebar 4.608 pixel menjadi 1.200 pixel. Resolusi gambar yang tadinya 300 px / inch kemudian penulis ubah menjadi 72 px / inch. Kemudian beri tanda centang pada pilihan Resample, pada opsi di sebelahnya pilih Bicubic Sharper (Reduction). Dengan demikian gambar akan memiliki ukuran file yang lebih kecil namun tetap terlihat jelas.

Memperbesar gambar di photoshop melalui menu Image size

Langkah 2. Jika menginginkan hasil gambar yang lebih halus (smooth), maka pada pilihan Resample gunakan opsi Bicubic (Smooth Gradient).

Pilihan untuk hasil gambar lebih halus

Langkah 3. Klik tombol Ok, dan jangan lupa untuk menyimpan gambar dengan format Jpeg atau png. Nah setelah anda menyimpannya, anda dapat melihat perbandingan ukuran gambar sebelum diperkecil dan setelahnya. Pada contoh ini gambar yang tadinya berukuran 3 mb setelah diperkecil memiliki ukuran file hanya 230 kb.

Perbandingan ukuran gambar pada windows explorer

Lalu bagaimana perbandingan kualitas gambar asli dengan yang sudah diperkecil? Anda dapat melihatnya pada gambar berikut ini.

Perbandingan kualitas gambar asli dan setelah diperkecil

Dengan cara mengubah ukuran foto di photoshop seperti ini tidak akan mengurangai mengurangi kualitas gambar aslinya secara drastis. Di sisi lain, ukuran file gambar akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan gambar aslinya.