Cara Membuat Henna di Tangan Langkah demi Langkah

desain grafis

Tutorial desain grafis ini merupakan panduan bagaimana cara membuat henna di tangan dari awal hingga akhir. Beberapa langkah cara membuat lukisan motif henna tangan akan dijelaskan satu demi satu. Hal yang akan didapat dari tutorial ini di antaranya adalah:

  • Pengetahuan mengenai kultur budaya dari daerah lain, yakni seni melukis henna
  • Pengetahuan bagaimana cara membuat pattern atau motif henna
  • Bagaimana cara membuat motif abstrak untuk desain henna
  • Bagaimana cara mengekspresikan jiwa melalui seni simbolik yang tergambar melalui lukisan gambar motif henna.

Apa itu henna?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara membuat henna di tangan, penulis akan mengupas sedikit mengenai apa dan bagaimana serta perkembangan seni lukis henna. Henna pada dasarnya merupakan nama dari sejenis tanaman yang digunakan sebagai bahan pewarna alami sejak zaman perunggu. Masyarakat yang telah menggunakan henna terutama terletak di kawasan Mediterania Timur yang meliputi Afrika Utara, Italia, Spanyol, dan Timur Tengah. Di samping itu, henna juga populer digunakan oleh masyarakat India, terutama sebagai bahan dasar dalam pembuatan seni lukis tubuh (body art painting) temporer. Popularitas seni lukis henna terus berkembang melintasi zaman hingga sekarang ini.

Salah satu contoh motif henna tangan

Bagaimana cara membuat henna di tangan?

Dalam melukis henna tangan, tentu kita membutuhkan pasta dari tanaman henna sebagai bahan dasar untuk mewarnai kulit. Sekarang banyak toko-toko kecantikan yang menjual henna untuk keperluan tersebut. Pada dasarnya bahan ini merupakan campuran pasta atau krim dari tanaman henna yang telah diracik dengan beragam bahan lainnya. Pasta inilah yang kemudian digunakan pada proses membuat lukisan pada bagian tubuh dengan menggunakan semacam corong berbentuk kerucut yang biasanya terbuat dari bahan plastik. Di India, seni lukis gambar motif henna disebut dengan Mehndi.

Seorang pelukis Henna sedang membuat motif henna tangan pada seorang turis wanita di Rishikesh, India. Photo Credit McKay Savage

Mengapa orang begitu tertarik dengan seni lukis henna?

Tidak dapat dipungkiri bahwa seni lukis henna merupakan bagian dari budaya atau kultur suatu komunitas masyarakat tertentu. Sebagai bagian dari budaya masayarakat, lukisan gambar henna seringkali digunakan pada acara-acara tertentu, seperti pada acara pernikahan, pertunangan, atau bahkan pada hari raya. Kita seringkali melihat motif henna pengantin menghiasi pergelangan tangan mempelai wanita bukan? Itulah mengapa henna merupakan bagian tak terpisahkan dari kultur masyarakat di dunia ini. Bahkan di negara-negara barat seperti Amerika Serikat, Australian dan beberapa negara di Benua Eropa henna juga populer digunakan, khususnya pada proses pembuatan tatto temporer.

Salah satu contoh lukisan motif henna pengantin

Cara Membuat Henna di Tangan Sendiri

Pada tutorial melukis henna ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat gambar tangan pada selembar kertas, yaitu melalui teknik tracing. Cara membuat henna seperti ini akan lebih mudah daripada melukis henna secara langsung pada tangan Anda. Kecuali jika anda adalah seorang pelukis henna profesional yang telah lama bergelut di bidang seni lukis henna. Dalam hal ini, alat dan bahan yang dibuuhkan di antaranya adalah: sebuah pensil, ballpoint, dan kertas.

Contoh motif henna tangan Mehndi untuk pengantin

Langkah 1: Menggambar Bentuk Tangan

Hal yang paling mendasar dalam membuat henna di tangan adalah melukis bentuk tangan dengan proses tracing. Dalam hal ini, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pensil daripada ballpoint. Sebab kita akan lebih mudah melakukan perbaikan jika terjadi kesalahan. Letakkan tangan Anda pada selembar kertas, dengan posisi jari-jari agak direnggangkan. Mulailah menggambar tangan Anda dengan mengikuti posisi tangan Anda pada selembar kertas tersebut. Dengan demikian akan diperoleh bentuk gambar tangan seperti berikut.

Hasil tracing bentuk tangan

Langkah 2: Membuat Gambar Motif Henna

Jika langkah pertama telah dilakukan, langkah berikutnya adalah melukis gambar henna, dari bagian jari, punggung tangan, telapak tangan, dan pergelangan tangan. Gambar Motif henna yang anda lukis pada dasarnya mencerminkan siapa diri anda, bagaimana personalitas Anda serta keunikan dari bakat yang Anda miliki. Dengan melukis henna sendiri sebenarnya Anda sedang meciptakan potret orisinal yang terpendam pada diri Anda. Secara umum, gambar motif henna yang populer digunakan di antaranya: motif henna bunga, motif henna tetesan air, motif tribal, motif  abstrak dan beragam motif henna lainnya.

Salah satu contoh motif henna

Langkah 3: Cara Membuat Henna pada Punggung Tangan

Cara paling praktis dalam menggambar henna di bagian punggung tangan adalah menggunakan pensil. Pada hasil gambar tangan yang telah dibuat pada langkah pertama, kita dapat mulai membuat pola dan motif henna. Lakukanlah langkah ini dengan hati-hati untuk meminimalisir kesalahan. Jika langkah ini telah selesai dilakukan, gunakan ballpoint untuk menebalkan atau memberi warna pada gambar motif henna tangan yang telah dibuat, seperti nampak pada gambar berikut.

Gambar motif henna yang dilukis pada punggung tangan

Langkah 4: Membuat Motif Henna pada Jari Tangan

Adapun pola atau gambar lukisan henna jari tangan yang dapat digunakan adalah sebagaimana gambar motif henna berikut ini. Anda dapat memilih salah satu motif henna jari tangan berikut sesuai dengan selera Anda.

Contoh motif henna jari tangan

Langkah 5: Membuat Motif Henna pada Telapak Tangan

Pada tahap ini, cara membuat henna di tangan adalah menggambar pola pada bagian telapak tangan. Selain pada bagian punggung dan jari tangan, lukisan gambar motif henna biasanya juga diaplikasikan pada bagian telapak tangan. Bagian telapak tangan memiliki area yang luas sehingga sangat ideal untuk digunakan dalam membuat lukisan henna sendiri. Dalam hal ini, cara membuat henna di tangan dapat dilakukan dengan mengambil contoh dari motif henna telapak tangan berikut.

Contoh motif henna yang dilukis pada telapak tangan

Langkah 5: Membuat Motif Henna pada Pergelangan Tangan

Pada dasarnya, gambar motif henna untuk pergelangan tangan dapat dibentuk dari pola garis horisontal yang saling terhubung satu sama lain. Contoh motif henna berikut ini dapat dipergunakan sebagai motif gambar henna untuk pergelangan tangan.

Contoh motif henna untuk pergelangan tangan

Contoh lain dari gambar henna untuk pergelangan tangan juga dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Contoh motif henna bercorak perhiasan untuk pergelangan tangan

Demikian langkah-langkah cara membuat henna di tangan. Hasil yang akan didapatkan dari tutorial ini semuanya tergantung sejauh mana kreativitas yang dimiliki oleh seseorang dalam mengekspresikan jiwanya melalui seni lukis henna. Selamat mencoba!.