Adode Indesign CC, Jadikan Layout Buku Anda Lebih Profesional

review

Penggunaan program Adobe Indesign CC memang sudah tidak asing lagi di kalangan para desainer professional. Software penataan halaman ini (page layout software) memang sangat membantu seorang desainer grafis dalam mengkombinasikan penataan teks dan gambar serta mengatur berapa ukuran halaman yang mereka inginkan. Selain itu, menggunakan software Indesign CC dalam membuat layout buku maupun desain majalah akan menjadi lebih mudah.

Penggunaan software Adobe Indesign CC tidak hanya dikhususkan untuk dunia percetakan atau printing. Program ini juga dapat diguanakan untuk keperluan digital publishing seperti membuat e-book untuk perangkat mobile berbasis Android maupun iOS. Sebagai contoh jika Anda hendak membuat layout buku atau e-book yang diperuntukkan untuk perangkat smartphone atau tablet, anda bisa memilih beberapa layout halaman (page layout) yang sesuai dengan resolusi atau ukuran layar smartaphone maupun tablet. Nah fitur ini akan menjadikan layout buku atau e-book yang Anda buat akan memiliki tampilan responsive tergantung perangtung perangkat yang digunakan oleh pembaca.

Screenshot program Indesign CC yang dirilis pada tahun 2015

Program Indesign CC yang memang diperuntukan untuk penataan halaman, tidak memiliki fitur yang mumpuni untuk mengolah file Grafis seperti gambar atau vector yang dapat ditemukan di program Adobe Photoshop maupun Adobe Illustrator. Meski demikian, program ini masih dibekali dengan fitur standar untuk mengolah gambar seperti penambaan efekt drop shadow, outer glow, dan feather.

Panel Utama Indesign CC yang dirilis pada tahun 2015

Jika Anda ingin menghasilkan layout buku maupun desain majalah yang lebih professional, Anda dapat menggunakan program ini dan dikombinasikan dengan program pendukung lain seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, yang mana penyisipan dokumen berbasis Photoshop dan Illustrator ke dalam program Indesign menjadi lebih mudah.

Tampilan Area Kerja (Workspace) program Indesign CC