6 Tren UX Desain 2017 untuk Design Website

web design

Mengetahui apa yang sedang populer mengenai tren UX desain 2017 dapat menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan website Anda. Sebab pada dasarnya pembuatan sebuah design website dewasa ini tidak hanya bertujuan untuk menghadirkan konten yang berkualitas kepada para netizen. Di samping ada hal lain yang mesti diperhatikan dengan seksama, yakni yang berkaitan dengan design UX atau user experience design. Penerapan desain UX pada proses pembuatan desain web sendiri berhubungan dengan bagaimana website tersebut mampu memberikan kemudahan akses kepada penggunanya dalam menelusuri halaman demi halaman, fitur demi fitur, navigasi demi navigasi yang termuat pada sebuah aplikasi atau halaman website. Singkatnya desain UX akan mempermudah seseorang dalam menggunakan produk baik aplikasi maupun website milik sebuah perusahaan. Lalu seperti apakah perkembangan tren desain UX di tahun 2017 di bidang design website? Berikut ini adalah ulasannya:

Konten Wesbite yang Berimbang

Sebuah website tentu memuat beragam konten di dalamnya, baik berupa artikel, gambar, produk, maupun video. Terkait dengan hal tersebut, salah satu tren UX desain 2017 adalah bagaimana menghadirkan konten website yang berimbang khususnya untuk website  yang seringkali menampilkan artikel dengan jumlah kata yang sangat banyak. Ketika seorang netizen mendapati sebuah artikel pada halaman website biasanya mereka menggunakan tombol scroll (bawah / atas) untuk mengetahui keseluruhan isi artikel. Jika artikel tersebut dirasa kurang menarik atau tidak sesuai dengan apa yang mereka cari, tentu saja mereka akan meninggalkannya. Nah untuk itulah sebaiknya sebuah konten website mampu dihadirkan agar pengguna juga dapat memperkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk membacanya. Hal inilah sebagaimana yang telah lama diterapkan pada halaman website medium.com. Meski banyak memiliki artikel yang sangat panjang, namun cara penyajiannya mampu menarik minat seseorang untuk membacanya.

Tampilan design website medium.com

Penggunaan Fitur Chatbots

Anda tentu saja pernah mengunjungi sebuah website toko online baik yang menjual produk berupa barang maupun jasa. Biasanya untuk mencari produk yang anda inginkan, anda akan mengetikan sejumlah kata kunci melalui form pencarian yang tersedia pada sebuah halaman website toko online. Nah dewasa ini, tren UX desain 2017 yang berkembang, khususnya untuk desain website toko online adalah penggunaan fitur atau aplikasi Chatbot. Penggunaan Chatbot merupakan cara yang lebih baik dalam membantu pengguna dalam mencari produk-produk yang mereka inginkan. Penggunaan Chatbot dewasa ini telah banyak diaplikasikan oleh banyak perusahaan raksasa seperti Ebay dengan ShopBotnya maupun Google dengan aplikasi Google Now.

Fitur Chatbots pada Ebay

Gesture experience dan Voice Experience

Salah tren UX design yang berkembang dewasa ini adalah bagaimana memberikan kepuasan bagi pengalaman pengguna melalui fitur gestur (gerakan) dan suara. Pada era sebelumnya pengalaman pengguna biasanya dihadirkan melalui tampilan antar muka berbasis grafis (Graphical User Interface / GUI). Namun pada era sekarang hal tersebut telah berubah ke ranah yang lebih canggih. Beragam aplikasi, baik aplikasi berbasis mobile, desktop maupun website telah banyak yang menggunakan fitur voice recogiziton untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada penggunanya. Sebut saja. Google Assistance, Apple Siri dan Microsoft Cortana yang tidak hanya mampu “memahami” input berupa teks semata, namun mampu “mengerti” apa yang diucapkan oleh penggunanya.

Cortana pada OS Windows

Fitur Micro Interaction

Micro Interaction atau mikro interaksi merupakan isyarat kecil berbasis visual yang terjadi ketika melakukan beberapa tindakan / aksi. Isyarat kecil visual tersebut bisa berupa animasi atau transisi CSS sederhana, seperti ketika kursor berada di atas sebuah tombol berbentuk outline pada halaman website, maka tombol tersebut akan memiliki warna solid misalnya. Penggunaan fitur semacam inilah yang menjadi tren desain UX 2017, dan telah banyak diaplikasikan oleh beberapa perusahaan raksasa internet. Bagi pengguna Facebook tentu mereka tidak asing menggunakan beragam pilihan emoji untuk mengungkapkan perasaan emosional mereka.

Fitur Micro Interaction pada facebook

Scroll Triggered Animations

Beragam website dalam menghadirkan user experience untuk memukau penggunanya seringkali menggunakan cara-cara yang unik. Seperti ketika anda menggeser ke bawah sebuah halaman wesbite, maka beragam elemen dengan animasi tertentu mulai terlihat menyatu. Hal inilah yang dimaksud dengan scroll triggered animation. Tren UX desain 2017 ini merupakan salah satu cara untuk menghadirkan pengalaman yang berbeda dalam menyajikan beragam informasi kepada pengguna. Anda bisa melihat bagaimana pihak Apple menggunakan animasi berbasis scroll di halaman web mereka yang menampilkan produk Apple Mac Pro.

-Scroll-triggered-animation-pada-web-macbook-pro

Design Website Minimalis

Salah satu faktor yang menyebabkan pengunjung enggan mengunjungi sebuah halaman website adalah tata letak atau layout website yang terlihat berantakan. Design website yang berantakan tentu akan terlihat kurang menarik dan terasa bosan untuk dikunjungi. Menghadirkan sebuah website dengan desain yang lebih sederhana dan minimalis dapat menjadi salah satu solusinya. Selain itu penggunaan white space atau ruang kosong pada halaman website dapat membuat tampilan website menjadi lebih nyaman untuk dilihat.  Sebagai contoh website medium.com selalu menyisakan ruang kosong di setiap sisinya untuk menghadirkan konten yang lebih terarah kepada pengunjungnya. Dengan menerapkan tren UX desain 2017 ini, pengguna akan merasa betah ketika membaca artikel di laman wesbite tersebut.

-Negative-space-pada-website-medium

Dari beragam tren UX desain 2017 di atas, tren apakah yang telah Anda terapkan pada halaman web / blog milik Anda?