5 Tips memilih laptop terbaik untuk desain grafis

review

Pada artikel ini, penulis akan mengulas tips sederhana dalam memilih laptop terbaik untuk desain grafis. Sebagaimana kita tahu bahwa perkembangan laptop dewasa ini dapat dikatakan hampir menyamai perkembangan perangkat desktop komputer. Beragam pilihan laptop terbaik yang memiliki performa tinggi telah hadir untuk menjawab kebutuhan dari beragam kalangan konsumen. Baik mereka yang memerlukan mobilitas tinggi, para pecandu game-game berat atau bahkan para desainer grafis. Bagi seorang desainer grafis sendiri, kebutuhan akan perangkat berperforma tinggi memang selalu menjadi idaman, salah satunya adalah laptop. Namun tentu saja laptop untuk desain grafis haruslah memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni untuk menjalankan beragam aplikasi desain grafis. Jika tidak, maka kendala seperti aplikasi yang kurang responsif dan kurang maksimal akan menjadi hambatan dalam melakukan berbagai pekerjaan desain grafis.

Memang pada dasarnya segala pekerjaan terkait desain grafis selalu membutuhkan perangkat komputer ataupun laptop dengan power di atas rata-rata. Sebab kebanyakan aplikasi desain grafis sellu meminta system requirement di atas standar, baik dari segi memori atau RAM, prosesor, pengolah kartu grafis (VGA) dan juga monitor. Paling tidak ada beberapa hal sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop untuk desain grafis. Nah untuk itu, berikut ini adalah 5 tips memilih laptop terbaik untuk desain grafis.

lenovo-laptop-flex-4-15-multimode-1

Pertimbangakan Budget

 Pekerjaan desain grafis bukanlah bidang pekerjaan yang selalu dapat diselesaikan di kantor. Ada kalanya Anda harus membawa pulang pekerjaan Anda. Nah dalam kasus ini, tentu anda membutuhkan laptop terbaik dengan performa strong untuk membantu menyelesaikan projek desain grafis Anda. Disamping itu, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai harga laptop terbaru, sehingga Anda dapat menganggarkan berapa harga laptop yang sesuai dengan budget Anda.

RAM

Pertimbangkan kapasitas RAM. Dalam membeli laptop untuk desain grafis, perhatikanlah berapa kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah laptop.  Tidak berbeda dengan laptop gaming yang biasanya disertakan dengan perangkat RAM yang mumpuni, demikian halnya dengan laptop untuk desain grafis. Sebuah latpop dengan RAM 4 GB sudah lebih dari cukup sebagai pilihan laptop terbaik untuk desain grafis yang siap menemani perkejaan Anda.

VGA

Jika kapasitas RAM akan membuat respon software desain grafis pada perangkat laptop anda semakin cepat, maka VGA atau kartu grafis sangat dibutuhkan ketika anda mengerjakan projek desain grafis berat, seperti perenderan gambar 3D, dan lain sebagainya.

Core CPU

CPU merupakan otak dari sebuah laptop maupun komputer desktop. Laptop desain grafis dengan core CPU lebih tinggi akan menghemat waktu Anda di berbagai bidang pekerjaan Anda.

Pertimbangkan Ukuran layar.

Salah satu tips memilih laptop terbaik untuk desain grafis adalah dengan mempertimbangkan ukuran layarannya. Jika Anda hendak membeli laptop untuk desain grafis maupun laptop gaming, laptop dengan layar 15 inchi adalah pilihan terbaik bagi Anda. Atau mungkin anda dapat membeli laptop dengan layar 17 inch.