5 Tips Desain Grafis Dalam Membuat Desain Logo

desain grafis

Membuat desain logo menjadi hal yang sangat vital bagi sebuah perusahaan, baik kecil maupun besar. Bagi usaha kecil dan menengah atau UMKM, desain logo dapat membantu memberikan kesan yang baik terhadap konsumen atau pelanggan. Tentu saja dalam hal ini perusahaan harus pandai dalam memilih desain logo yang pada akhirnya mampu mempengaruhi konsumen. Paling tidak hanya dengan melihat desain logo perusahaan, orang akan tahu mengenai bidang bisnis apa yang dijalankan sebuah perusahaan. Sebab pada kenyataannya, bagi bisnis UMKM desain logo merupakan sarana atau media dalam memperkenalkan perusahaan mereka mulai dari bidang bisnis yang mereka miliki sampai pada beragam produk yang ingin mereka jual di pasaran. Hal ini juga sangat disadari oleh para ahli pemasaran, yakni bahwa desain logo perusahaan merupakan alat pemasaran yang efektif dalam menggaet konsumen.

Seorang desainer grafis yang dilibatkan dalam proses pembuatan desain logo perusahaan tentu akan sangat hati-hati dalam mengerjakannya. Ia tahu bahwa membuat desain logo bukan hanya sekedar memainkan teknik keahlian desain grafis semata. Segala elemen desain logo akan dipertimbangkan secara matang dan hati-hati, baik dalam memilih jenis font, pemilihan warna dalam desain logo, penggunaan simbol ataupun media gambar. Hal ini tidak lain adalah untuk menghasilkan desain logo yang mengesankan di mata konsumen. Sehingga pada akhirnya mampu menjadi medium pemasaran bagi perusahaan yang bersangkutan. Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai tips desain grafis yang dapat anda ikuti dalam membuat desain logo untuk usaha Anda.

berbagai contoh desain logo perusahaan ternama

  1. Lakukan riset sebelum membuat desain logo. Hal pertama yang harus anda ingat dalam membuat desain logo adalah mengetahui seluk beluk bisnis yang anda atau klien anda jalankan. Tanpa mengetahui hal tersebut desain logo yang anda ciptakan akan terasa kering dan tidak bermakna. Apalagi jika Anda mendesain logo untuk pihak lain, dapat dipastikan bahwa desain yang anda ajukan kepada klien anda akan dikembalikan untuk direvisi.
  2. Buat konsep desain logo unik. Desain logo haruslah memiliki ciri khas tersendiri agar tampil mengesankan. Agar tidak tidak klise atau biasa-biasa saja, maka segala elemen desain logo harus benar-benar tercipta dari sebuah ide kreatif yang kita miliki. Artinya jika menggunakan elemen gambar, simbol maupun tipografi, maka semua elemen tersebut haruslah benar-benar orisinil. Nah salah satu cara dalam membuat konsep desain logo unik adalah dengan menggambarnya secara manual terlebih dahulu dalam selembar kertas. Buatlah sketsa desain logo sampai benar-benar ditemukan bentuk yang diinginkan.

    Contoh pembuatan sketsa desain logo

  1. Memilih warna yang tepat untuk desain logo. Warna merupakan salah satu faktor yang sangat krusial dalam membuat desain logo. Setiap desainer profesional pasti sangat sadar bahwa warna adalah bahasa ekspresi dari desain logo itu sendiri. Penggunaan warna yang tepat pada desain logo akan menjadi sebuah branding message bagi perusahaan kepada Oleh sebab itu, strategi pemilihan warna harus diterapkan secara tepat pada sebuah desain logo. Sebagai contohnya, untuk logo perusahaan makanan maka warna yang bisa digunakan adalah warna-warna yang memiliki arti energik, passion dan exiting. Dalam hal ini, warna merah menjadi warna dominan yang sering digunakan pada logo perusahaan yang bergerak di bidang makanan atau minuman.

    Contoh desain logo yang berawal dari sebuah sketsa

  2. Gunakan jenis font yang tepat. Setiap desain logo pada dasarnya mencitrakan personalitas dari sebuah badan atau perusahaan yang diwakilinya. Oleh sebab itu memilih jenis font untuk logo sebaiknya dilakukan agar mampu mewakili nilai-nilai tersebut. Penggunaan jenis font pada logo perusahaan manufaktur tentu akan berbeda dengan logo pada perusahaan yang menjual produk untuk anak-anak.
  3. Mintalah orang lain untuk mengkritisi desain logo yang kita buat. Kiritk dari orang lain, terutama dari mereka yang telah lama dan berpengalaman dalam dunia desain grafis sangat diperlukan. Oleh sebab itu, mintalah kritik dan saran dari mereka atas desain logo yang kita buat. Hal ini tidak lain adalah untuk mengetahui kesan apa yang orang tangkap terhadap desain logo milik kita.