5 Aplikasi Pembuat Epub untuk Membuat Layout Buku digital

review

Layout buku digital dapat dibuat menggunakan aplikasi layout buku yang dapat menyimpan hasil layout ke dalam format epub. Dunia penerbitan digital atau seringkali orang menyebutnya digital publishing memang dapat dikatakan masih seumur jagung. Terutama jika menilik perkembangan dunia penerbitan tanah air yang masih terkonsentrasi pada model publikasi manual yang tergantung pada usaha percetakan. Sebagai hasilnya, maka hampir tidak ada korporasi digital raksasa yang menjadi market leader di bidang aplikasi pembuat epub. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, baik bagi software development maupun pengguna. Bagi pengguna mereka dapat memilih beragam aplikasi pembuat epub sesuai dengan budget dan keahlian mereka di bidang desain layout atau tata letak. Berikut ini kami paparkan beberapa software pembuat epub baik yang gratis maupun berbayar.

Adobe Digital Publishing Solution

Bagi pihak yang memang berfokus pada pemberia jasa layout buku digital, Adobe Digital Publishing Solution (DPS) adalah aplikasi yang tepat untuk memproduksi beragam buku digital dengan format epub. Aplikasi desain grafis ini bahkan mampu untuk membuat desain layout buku digital yang begitu kompleks seperti majalah digital (Emagz) dan sejenisnya. Tentu saja desain layout yang dihasilkan dengan aplikasi ini memiliki fitur responsive sehingga dapat dibaca dari berbagai perangkat baik laptop, tablet, notebook bahkan dari perangkat smartphone.

aplikasi epub dari Adobe

Apple iBooks Author

Jika anda adalah seorang penggemar produk-produk Apple dan ingin membuat dokumen dengan format epub menggunakan komputer atau laptop Mac Anda, iBook adalah teman terbaik bagi Anda. Aplikasi gratis pembuat epub ini dapat digunakan untuk membuat file epub untuk perangkat iPads dan sejenisnya.

[gambar 2] Aplikasi epub Apple iBooks Author

Adobe InDesign CC

Adobe indesign adalah porgram standar yang paling banyak digunakan untuk membuat layout buku maupun layout majalah. Aplikasi ini sejatinya menggantikan software layout pendahulunya, yakni Adobe Pagemaker. Versi terbaru dari software desain grafis ini, yakni Adobe Indesign CC telah memiliki kemampuan untuk memproduksi ebook dalam format epub.

Adobe Indesign CC

Aplikasi Pembuat Epub BlueGriffon

Aplikasi pembuat buku epub lainnya adalah BlueGriffon. Aplikasi ini sangat ideal digunakan dalam membuat buku novel digital dan sejensinya. Seperti hanya program pembuat epub Sigil, BlueGriffon dilengkapi fitur WYSIWYG editor sebagai teks editor. Aplikasi epub ini dapat diintall pada berbagai operting system seperti Windows, Macintosh dan Linux.

Aplikasi pembuat buku epub BlueGriffon

Aplikasi Pembuat Epub Sigil

Salah satu cara membuat epub gratis adalah melalui aplikasi Sigil. Software gratis pembuat buku epub ini memang sengaja dibuat agar dapat diguanakan secara bebas (open source). Perangkat ini juga telah mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux.

Software gratis pembuat buku epub