43 font gratis untuk desain website dan projek desain grafis

tipografi

Font gratis untuk desain website dapat menjadi aset yang berharga bagi siapapun yang berkecimpung dalam dunia digital publising. Dalam membangun sebuah desain website yang elegan, tentu saja pemilihan jenis font merupakan salah satu hal yang paling krusial. Seorang web desainer harus memilih jenis font terbaik untuk desain website untuk hasil tampilan web yang estetik. Menggunakan font premium mungkin dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan kesan menarik pada sebuah desain website maupun blog. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan budget tambahan. Sebenarnya banyak sekali sumber website yang menyediakan font gratis untuk web design seperti Google Web Fonts, Adobe Edge Web Fonts, dan Font Squirrel.  Selain itu, berikut kami sajikan beberapa pilihan font terbaik untuk desain website yang dapat anda download secara gratis.

Open Sans

Berbicara mengenai elemen tipografi desain website, belumlah lengkap jika tidak menyebut font yang satu ini, yakni Open Sans. Font ini merupakan font terpopuler untuk desain website yang dimiliki oleh layanan Google font. Faktor keterbacaan dan kejelasannya membuat font Open Sans dapat digunakan untuk beragam tampilan device, mulai dari tampilan mobile hingga komputer desktop.

Font open sans

Gentium Basic

Gentium Basic google web font merupakan font berjenis serif yang mendukung beragam format karakter seperti latin, Yunani, dan Cyrillic. Webfont  Gentium Basic dapat digunakan secara gratis pada setiap desain website.

Gentium Basic

Archivo Narrow

Archivo Narrow didesain secara khusus untuk memberikan elemen tipografi yang berkesan. Terdiri dari 4 font style dan 416 glyph, font yang didesain oleh Héctor Gatti dan tim desainer dari Omnibus ini dapat anda gunakan secara bebas untuk segala keperluan desain Anda.

font gratis untuk web archivo narrow

Palanquin

Untuk menghadirkan elemen tipografi sekaligus kesan visual yang menarik pada desain website, Palanquin adalah pilihan font yang tepat. font jenis ini memiliki 7 variasi untuk body teks, serta satu pilihan font berjenis display family.

font gratis untuk web Plaquin

Font gratis Ostrich Sans

Untuk memberikan kesan modern pada sebuah halaman website, font Ostrich Sans adalah solusinya. Font ini memiliki beberapa variasi style dan ketebalan (weight) sehingga sangat cocok digunakan untuk media digital seperti desain website, ebook, dan lain sebagainya.

Font gratis Ostrich Sans

PT Sans

Font berjenis serif merupakan font yang memiliki tingkat keterbacaan yang mumpuni. Sekecil apapun ukuran berjenis serif masih mudah untuk dibaca oleh penglihatan normal manusia. Untuk memberikan kesan klasik sekaligus modern pada sebuah tampilan desain website, PT Sans serif merupakan salah satu pilihan terbaik di kelasnya. Jenis font ini didesain oleh Alexandra Korolkova, Olga Umpeleva dan Vladimir Yefimov. Font ini pertama kali dilaunching pada tahun 2009.

Font web PT Sans

GT Walsheim

Untuk membuat desain blog, salah satu font populer untuk desain website yang sering digunakan adalah GT Walsheim. Font berjenis geometric sans serif ini dapat diunduh versi trialnya melalui www.grillitype.com. Untuk versi lengkapnya juga dapat dibeli melalui web tersebut.

GT Walsheim font untuk website

Fira Sans

Erik Spiekermann merupakan seorang type designer legendaris pencipta web font ini. Fira Sans merupakan font gratis untuk desain website yang telah terintegrasi pada sistem operasi Mozilla Firefox. Font type ini dapat digunakan untuk beragam tampilan website responsive. Tingkat legibilitas font Fira Sans sudah tidak diragukan lagi. Dengan demikian para web developer dapat dengan bebas untuk menggunakan font ini meskipun untuk tampilan website versi mobile.

Font type Fira sans

Abril Fatface

Untuk memberi kesan kuat nan tegas pada sebuah halaman headline artikel pada suatu website ataupun blog, Abril Fatface merupakan pilihan font yang tepat untuk desain website. Memiliki tampilan yang tegas google font ini akan memberika kesan kontras pada suatu desain halaman web. Secara umum penggunaan google font Abril Fatface biasanya disandingkan dengan font Lato, Droid Sans maupun Open Sans untuk body teksnya.

font untuk heading Abril Fatface

Montserrat

Font type Monsterrat merupakan salah satu koleksi dari Google font yang didesain oleh Julieta Ulanovsky. Font ini terinspirasi dari seni tipografi urban yang berasal dari Kota Boenos Aires. Font dengan lisensi open source ini dapat digunakan secara bebas oleh para desainer grafis, baik untuk media digital maupun media printing.

Font untuk judul blog Monsterrat

Playfair Display

Selain Abril Fatface yang dapat Anda download dari Google font, Playfair Display merupakan font yang ideal untuk headline atau judul artikel. Font dengan fitur x-height yang lebih lebar dan memiliki descender yang pendek ini secara specifik lebih cocok digunakan pada halaman website yang memiliki area desain yang sempit, seperti pada tampilan website responsive misalnya. Bagi penyedia jasa pembuatan website, menggunakan font ini pada projek mereka akan memberikan sentuhan tipografi modern. Apalagi jika disandingkan dengan font type seperti Oswald, Lato, Avro maupun Georgia.

Playfair Display, font untuk media digital dan media printing

Merriweather

Jika sebuah halaman website maupun blog biasa menampilkan posting artikel dengan jumlah kata yang panjang, Merriweather  dari Google Font adalah pilihan font website yang pas. Font ini memang diciptakan oleh desainernya demi memberikan kenyaman dalam membaca.

glyph pada font Merriweather

Josefin Sans

Pilihan font terbaik lainnya untuk halaman desain website adalah Josefin Sans. Font yang dapat didownload melalui situs Google font ini memiliki desain bergaya Swedia. Font yang memiliki ciri khas akan bentuk geometrisnya ini sangat direkomendasikan jika ingin menampilkan kesan Vintage pada suatu halaman website.

Josefin Sans, jenis font untuk heading website atau blog

Font Gratis untuk Desain Website Cormorant Garamond

Cormorant Garamond merupakan font gratis untuk website hasil pengembangan dari Christian Thalmann. Font ini terdiri dari 9 style yang berbeda, dari Roman hingga Unicase. Di samping itu, font ini juga memiliki 5 font weight, yakni  Light, Regular, Medium, SemiBold, and Bold. Font gratis untuk desain website ini dipublikasikan pada layanan google font di bawah lisensi Open Font License.

Font Gratis untuk Desain Website Cormorant Garamond

Adapun hasil pengujian desain website dengan font Cormorant Garamond seperti tampak pada gambar berikut.

Cormorant Garamond pada paragraf di halaman website

Gravitas One

Web font yang satu adalah pilihan sempurna untuk font heading atau judul artikel pada sebuah desain website maupun blog. Font type yang didesain oleh Riccardo De Franceschi sejatinya merupakan remodeling dari font type bernama ‘UK fat face, yakni sebuah font type yang seringkali digunakan untuk media iklan semasa terjadi revolusi industri di Britania Raya.

Gravitas One

Jura

Jura font web didesain oleh Daniel Johnson dan memiliki 4 jenis ketebalan yang berbeda, yakni light, book, medium, dan demibold.

Jura font web desain

League Gothic

Font untuk desain website yang satu pada mulanya diciptakan oleh Morris Fuller Benton pada tahun 1903. Font ini kemudian dikembangkan oleh WND.com dan The League of Moveable Type agar juga dapat digunakan pada sebuah halaman desain website.

League Gothic

Fjord

Google web font yang satu akan membuat tampilan konten pada halaman website ataupun blog nampak begitu rapi dan sempurna. Pada awalnya font berjenis serif ini didesain untuk media printing seperti buku, majalah dan surat kabar. Konstruksi desain yang nampak kokoh membuat web font yang satu ini nampak begitu elegan untuk menampilkan konten artikel pada halaman blog maupun website.

Fjord One google font

Amaranth

Jika anda merencanakan untuk meredesain tampilan desain website Anda, cobalah untuk menggunakan font yang satu ini. Anda akan melihat apa yang dapat dilakukan oleh web font yang satu ini. Font yang dapat diunduh melalui layanan Google Web Font ini dapat dipastikan dapat dikombinasikan dengan semua jenis font website yang ada. Memiliki bentuk kurva yang khas, font website yang satu ini akan memberikan kontras yang begitu nyata pada sebuah desain web.

font type Amaranth

Signika

Jika menginginkan sebuah tampilan desain website yang tampak cerah dan atraktif, Google font yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Font website gratis ini didesain oleh seorang type desainer bernama Anna Giedry. Font dengan tampilan kontras rendah ini memiliki fitur x-height yang agak tinggi. Dengan demikian ketika ditransliterasikan ke tampilan layar akan menghasilkan rangkaian kata yang jernih dan jelas.

font type untuk web, Signika

Josefin Slab

Josefin Slab memiliki bentuk layaknya font bergaya geometris tahun 1930 an. Font berjenis Slab Serif ini dibuat oleh desainer bernama  Santiago Orozco. Tampilannya yang lebih menyerupai huruf pada mesin ketik, menjadikan web font ini lebih cocok digunakan untuk tampilan heading.

Josefin font slab untuk desain website

Forum

Forum merupakan web font dari Google yang ideal untuk menampilkan halaman headline. Khususnya untuk headline dengan dengan bentuk huruf kapital.

Forum, font untuk desain grafis maupun web desain

Oswald

Oswald adalah jenis font display yang cocok dipakai pada headline webiste maupun blog. Selain itu, web font jenis ini juga biasa dipakai pada navigasi halaman website. Font untuk website yang memiliki tiga style ini dapat secara luas digunakan pada perangkat device, baik smartphone, laptop, maupun komputer desktop.

Oswald, font judul blog atau website

Tikal Sans

Nama font ini sejatinya diambil dari nama Kota Kuno yang milik Suku Maya. Font yang memiliki style medium dan medium italic ini, dapat memberikan kesan kontras pada headlin di halaman website maupun blog.

Tikal sans font famiy

Arvo

Web font yang satu ini bisa didadaptkan secara gratis melalui halaman font foundry Google web font. Font berbentuk mungil ini akan lebih sesuai jika disandingkan dengan desain website bertema minimalis.

font face Arvo untuk headline website majalah

Bevan

Vernon Adams‘ mendesain font berjenis Slab Serif ini agar dapat diaplikasikan pada setiap desain website. Google web font ini sejatinya merupakan desain ulang dari font yang telah ada. Yakni font Slab Serif yang dibuat oleh Heinrich Jost pada 1930.

Bevan google font family

Lato

Font untuk desain website Lato dipublikasikan di bawah lisensi milik Open Font. Font ini didesain oleh Łukasz Dziedzic. Lato adalah Google web font yang paling populer digunakan. Font yang terakhir kali diperbarui pada tahun 2014 ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2010.

font website populer, lato

Old Standard TT

Jika Anda membuat desain website untuk memposting jurnal-jurnal ilmiah, Old Standard TT adalah font paling tepat yang dapat digunakan. Font berjenis serif ini akan memberikan nuansa klasik dan elegan di tiap-tiap halaman website yang Anda miliki.

Old Standard TT, font web bertema klasik

Ubuntu

Untuk meningkatkan nilai personalitas pada desain website, font Ubuntu adalah pilihan font yang tepat. Di samping itu, font ini dapat dipakai pada beragam device, mulai dari perangkat komputer desktop, laptop, tablet hingga samartphone.

Font gratis untuk blog, Ubuntu

Kreon

Bagi para blogger, font type ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, font yang memiliki kontras yang sederhana ini juga cocok digunakan untuk website majalah maupun website berita.

font type untuk desain web kreon

Droid Sans

Berdasarkan namanya, Droid Sans adalah font yang ideal untuk digunakan pada desain wesbite responsive dan aplikasi berbasis smartphone. Biasanya navigasi yang terdapat pada aplikasi android seringkali menggunakan font jenis ini. Droid Sans memiliki tingkat keterbacaan yang terbilang sempurna meskipun untuk menampilkan serangkaian teks dalam ukuran kecil sekalipun.

Font gratis untuk web Droid Sans

Google web font Lora

Lora merupakan font gratis untuk desain website berjenis serif kontemporer. Font website memiliki bentuk tampilan yang berakar dari seni kaligrafi. Font yang memiliki tingkat kontras sedang ini sangat ideal jika dipakai pada body text seperti pada paragraf. Rangkaian paragraf yang ditampilkan akan mudah diingat serta memberi kesan estetik pagi pembaca. Secara keseluruhan representasi dari elemen tipografi yang menggunakan font Lora akan mendengungkan resonansi nilai-nilai modernitas. Meski secara teknis font ini ditujukan untuk tampilan layar, namun hal ini tidak lantas membuatnya kurang pas jika dipakai pada media printing seperti pada layout buku.

Google web font Lora

Average

Font type yang memiliki bentuk natural ini didesain oleh desainer asal Argentina, yakni Eduardo Tunni. Font hanya memiliki satu style ini cocok digunakan untuk menampilkan headline judul pada desain website maupun blog.

Average Sans, font web berjenis sans serif

Selain itu, font ini juga memiliki varian lain, yakni Average Sans. Kedua varian font tersebut akan sama-sama memberikan tekstur yang lembut dan indah pada halaman desain website Anda.

Font berjenis serif untuk web, Average

Rosario

Font untuk website dengan 4 style ini lebih cocok digunakan pada bagian paragraf. Font dengan bentuk yang rapi ini akan memberikan sentuhan klasik pada setiap desain website.

Font populer untuk media digital, Rosario

Italiana

Font yang hanya memiliki satu jenis style ini, akan menjadikan tampilan website Anda nampak berkelas. Di samping cocok digunakan pada media digital seperti desain website, Italiana juga populer digunakan untuk headline pada desain majalah, layout buku dan surat kabar. Web font yang didesain oleh Santiago Orozco ini dapat anda dapatkan di halaman layanan Google Font.

Jenis font untuk heading artikel, Italiana

Vollkorn

Jika Anda sedang mencari font keren untuk desain website berjenis serif, Vollkorn bisa menjadi salah satu alternatif font untuk Anda. Desain font ini merupakan hasil kerja keras dari seorang desainer bernama Friedrich Althausen.

Vollkorn, font untuk website bertipe serif

Actor

Actor  merupakan font website yang berasal dari projek perkuliahan. Font type ini merupakan hasil kerja Thomas Junold semasa ia kuliah di Aachen University.

Actor, font dengan satu style untuk heading blog

EB Garamond

Merupakan font turunan dari Garamond yang dapat diunduh melalui halaman website Google Font. Font gratis untuk desain website ini memiliki tampilan klasik dan elegan, di mana sangat ideal untuk dijadikan tampilan heading pada halaman website.

EB Garamond, font keren untuk printing dan web design

Roboto Slab

Roboto Slab dari Google font adalah font gratis untuk desain website yang akan memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan jika dipakai pada desain website maupun blog.

Tampilan bentuk font Roboto Slab

Stalemate

Pada dasarnya font Stalemate didesain berdasarkan bentuk font berjenis script yang memiliki tampilan vintage. Hanya saja font gratis untuk desain website ini dibuat lebih nampak modern. Font ini dapat memberikan kesan personal pada setiap elemen tipografi, baik pada desain website maupun bidang desain grafis lain.

Stalemate, contoh font script untuk website

Crimson Text

Salah satu font gratis untuk desain website adalah Crimson Text. Font berjenis serif ini memiliki proporsi yang sempurna. Font ini adalah hasil kerja kreatif dari seorang type desainer bernama Sebastian Kosch. Selain dapat digunakan untuk desain web, font memiliki tampilan dengan Garamond ini juga dapat diaplikasikan pada media printing. Baik untuk keperluan desain majalah, desain brosur maupun layout buku.

Crimson Text, font klasik untuk website elegance

Ledger

Font gratis untuk desain website ini didesain oleh Denis Masharov. Teks yang ditampilkan dengan font ini akan tetap memiliki keterbacaan yang jelas meskipun dilihat dengan gadget beresolusi kecil seperti smartphone misalnya.

Contoh font untuk judul artikel pada blog, Ledger

Avenir

Avenir diciptakan oleh seorang type designer bernama Adrian Frutiger pada tahun 1988. Meskipun sang penciptanya telah meninggal pada tahun 2015, namun buah karyanya berupa font Avenir masih hidup hingga sekarang.

Avenir diciptakan pada tahun 1988

Dari sekian banyak font gratis untuk desain website, font manakah yang paling berkesan bagi pembaca? silakan berikan komentar Anda pada kolom berikut ini.