4 Langkah Meningkatkan Citra Usaha melalui Desain Logo

desain grafis

Desain logo dapat dikatakan sebagai salah satu pengingat bagi konsumen akan sebuah merk atau brand. Oleh sebab itu, menciptakan desain logo perusahaan tidaklah bisa dilakukan secara serampangan atau asal jadi. Ada beberapa hal yang mestinya diperhitakan, baik dari segi pemilihan warna, penggunaan bentuk dan garis, pemilihan jenis font, dan lain sebagainya. Hal ini terutama berlaku bagi para desainer grafis dalam menciptakan desain logo bagi klien mereka. Selain sebuah merepresentasikan sebuah bidang bisnis yang dimiliki seseorang, sebagai salah satu produk desain grafis, desain logo juga dapat meningkatkan citra bisnis itu sendiri. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan sebuah desain logo yang akan mampu meningkatkan citra bisnis Anda, beberapa hal berikut patut dipertimbangkan:

Langkah 1:  Lakukan riset yang lebih mendalam

Membuat desain logo tidak hanya berkaitan mengenai keindahan bentuk logo yang dihasilkan. Lebih dari itu, desain logo adalah sebuah kebutuhan dalam dunia bisnis yang harus mampu merefleksikan sebuah branding bisnis itu sendiri. Oleh sebab itu, mengetahui seluk beluk bisnis yang berkaitan dengan desain logo merupakan sebuah keharusan sebelum menuangkan ide kita menjadi desain logo. Bagi seorang desainer grafis, maka ia harus mengetahui mengenai seluk beluk bisnis yang dimiliki kliennya sebelum ia membuatkan logo bagi mereka.

desain-logo-coca-cola

Langkah 2:  Cerdas Menggali Informasi

Jika riset merupakan permulaan dalam mengetahui seluk beluk perusahaan. Langkah selanjutnya adalah menggali informasi lebih mendalam mengenai perusahaan baik yang berkaitan dengan sasaran pemasaran, misi perusahaan dan beberapa hal penting lainnya. Tentunya informasi ini dapat diperoleh dengan melakukan wawancara atau percakapan dengan pihak-pihak terkait. Intinya dalam mendesain logo bagi perusahaan lakukanlah komunikasi yang mendalam dengan pihak-pihak terkait sebelum melakukan proses desain.

logo-instagram-lama-(kiri)-dan-logo-instagram-baru-(kanan)

Langkah 3:  Fokus pada tampilan Mobile

Pesatnya teknologi smartphone semakin memudahkan penggunanya dalam menjelajahi dunia internet. Dengan kata lain pengguna internet mobile dari waktu ke waktu akan semakin bertambah. Oleh sebab itu, salah satu hal yang patut diperhatikan dalam mendesain logo adalah faktor skalabilitas. Artinya sebuah desain logo haruslah mudah terbaca atau dilihat melalui perangkat mobile. Konsep desain sederhana adalah salah satu solusi dalam membuat tampilan logo yang ramah dengan tampilan mobile. Kebanyakan perusahaan raksasa seperti Microsoft, Google, Facebook, HP dan beberaoa perusahaan lainnya lebih cenderung memilih desain simple dan flat pada logo mereka.

salah satu contoh desain logo unik

Langkah 4:  Pemilihan jenis font yang tepat.

Salah satu bagi terpenting dalam proses pembuatan logo adalah jenis font yang digunakan. Memilih font yang telah secara umum banyak digunakan akan membuat tampilan logo terlihat biasa-biasa saja. Oleh sebab itu, pilihlah jenis font yang memiliki ciri khas tersendiri yang jarang digunakan orang lain.