4 Alamat Situs untuk Membuat Website Gratis

web design

Mungkin dulu yang hanya bisa membuat website hanyalah mereka yang mengetahui seluk beluk pemrograman saja. Atau dengan kata lain, yang jago codinglah yang hanya bisa membuat sebuah website. Namun dengan maraknya situs layanan web builder online, membuat website dapat dilakukan oleh siapapun. Bahkan banyak situs web builder sekarang ini yang memberikan layanan membuat website gratis. Namun saking banyaknya layanan web builder online, kadang membuat orang semakin bingung. Manakah website builder terbaik yang dapat mereka gunakan dengan mudah serta dapat digunakan untuk membuat website gratis? Oleh karena itulah, tulisan ini akan membahas beberapa alamat situs yang menyediakan layanan web builder gratis yang dapat digunakan siapapun.

WordPress

Apakah anda ingin membuat website pribadi atau membuat website toko online? Atau anda ingin membuat website portofolio tentang keahlian yang anda miliki? WordPress akan menjadi jawaban yang tepat untuk keperluan tersebut. Terserah anda apakah anda hanya ingin membuat sebuah landing page statis maupun sebuah website portal berita, dan sebagainya – wordpress memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk membangun sebuah website dengan beragam keperluan. Perlu dicatat bahwa WordPress memiliki dua buah versi, yaitu wordpress.org dan wordpress.com. Untuk wordpress.org biasanya digunakan oleh mereka yang memang telah akrab dengan dunia coding. Sebab mereka harus menginstall file cms wordpress yang diunduh dari halaman situ wordpress.org kemudian menginstallnya ke dalam web hoting mereka sendiri. Sedangkan pada situs wordpress.com, pengguna dapat langsung membuat website gratis yang mereka inginkan, mulai dari website portofolio, blog pribadi maupun website toko online. Di samping itu, kedua versi wordpress tersebut juga telah menuyediakan beragam tampilan desain webite atau template wordpress untuk berbagai keperluan.

membuat situs toko online dapat dilakukan secara mudah melalui layanan wordpress

Wix

Wix.com memberikan solusi praktis untuk pembuatan website gratis secara online yang hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Wix memiliki fitus yang disebut wix ADI (Artificial design intelligence) yang memungkinkan penggunanya membuat sebuah website secara gratis hanya dengan beberapa klik saja. Dengan fitur ini setiap orang dapat membaut website instan tanpa perlu repot belajar bahasa pemrograman yang begitu kompleks.

Wix.com menyediakan layanan pembuatan website gratis hanya dengan beberapa klik

Joomla

Meskipun tidak setenar wordpress, joomla juga patut menjadi pertimbangan ketika ingin membuat website gratis. Sebagaimana wordpress, joomlah juga memiliki dua buah versi yang dapat anda gunakan untuk membuat website secara online maupun offline. Anda dapat membangun sebuah website gratis secara online melalui situs joomla.com, di mana semua data anda akan tersimpan di server milik Joomla. Sementara jika ingin membangun secara offline, anda dapat mengunduh file mentarahannya melalui situs joomla.org.

Joomla merupakan salah satu layanan pembuatan web gratis online

Site123

Sebagaimana tersirat dalam namanya, Site123 ingin memberikan cara termudah dan paling simple dalam urusan membuat website secara online. Sebagaimana halnya dengan layanan website builder pada umumnya, pengguna hanya perlu memilih format standar yang akan dijadikan acuan desain website mereka. Apakah mereka ingin membuat blog sederhana, maupun sebuah halaman website dengan fitur yang lebih kompleks. Satu hal yang perlu diingat, bahwa traffic untuk layanan website gratis pada Site123 akan dibatasi.

Membuat web gratis dapat anda lakukan melalui laman site123