20 Inspirasi Template Desain Majalah Profesional

layout Design

Template desain majalah merupakan salah satu kebutuhan dalam dunia publishing, baik printing publishing maupun digital publishing. Percaya atau tidak keberadaan media printing sebagai salah satu media pemasaran masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Meski di sisi lain, keberadaan media pemasaran berbasis online semakin menjamur di tengah masyarakat, baik yang berupa media social, landing page, halaman website, maupun sejenisnya. Di sisi lain, keberadaan media printing seperti majalah, brosur, pamflet, flyer dan sejenisnya bisa menjadi pelengkap bagi strategi pemasaran online. Nah oleh sebab itu, permintaan terhadap desain majalah profesional akan tetap diminati dalam dunia bisnis. Untuk membuat desain majalah professional, banyak cara yang dapat kita lakukan, yakni:

  1. Pertama, kita bisa mendesainnya sendiri dengan menggunakan beberapa aplikasi desain grafis seperti corel draw, adobe indesign, maupun adobe illustrator. Cara ini tentu saja menuntut paling tidak kemampuan kita dalam mengoperasikan software desain grafis tersebut. Di samping itu, intuisi seseorang juga turut berpengaruh terhadap hasil desain yang dibuatnya. Artinya menguasai pengoperasian software desain grafis saja tidaklah cukup dalam membuat desain majalah yang ideal.
  2. Mencari template desain majalah yang telah jadi. Banyak sekali web desain grafis yang menyediakan berbagai template desain majalah secara gratis, baik desain majalah berformat indesign maupun illustrator.
  3. Jika template desain majalah gratis dirasa kurang ideal, maka kita bisa mencari template majalah yang didesain oleh para desainer professional. Kita bisa membelinya pada web penyedia template desain majalah seperti Envato market (Graphic river). Berbagai desain majalah dalam format indesign sangat banyak dijual pada web tersebut. Kita hanya perlu mencari desain majalah seperti apa yang sesuai dengan keinginan kita. Biasanya template majalah dari Envato Market memiliki desain beberapa halaman untuk memuat beberapa rubrik atau topik layaknya sebuah desain majalah pada umumnya.

Memang pada dasarnya untuk mendapatkan desain majalah yang ideal diperlukan sebuah keterampilan tersendiri, khususnya yang berkaitan dengan desain grafis. Namun dengan menggunakan template desain majalah berbayar yang banyak dijual secara online, paling tidak kita dapat memilih beragam template desain majalah yang sesuai. Dengan kata lain, kita akan memiliki gambaran seperti apa nantinya hasil publikasi majalah yang akan diterbitkan. Perlu diingat bahwa dalam memilih template majalah adalah konsep desain grafis seperti apa yang kita inginkan. Apakah kita menginginkan sebuah konsep majalah dengan desain minimalis atau yang lainnya. Di sini, merumuskan konsep desain majalah terlebih dahulu menjadi hal yang mesti diperhatikan sebelum kita benar-benar membeli template majalah secara online. Oleh sebab itu, sebagai gambaran mengenai konsep template desain majalah yang secara luas dijual secara online, berikut kami sajikan 20 inspirasi template desain majalah yang mungkin dapat Anda gunakan.

Desain majalah minimalis

Template Desain Majalah Pure Magazine

Template desain majalah indesign ini cocok bagi Anda yang menyukai konsep desain grafis bergaya minimalis. Template majalah yang terdiri dari 44 halaman ini cocok untuk dipakai pada sebuah majalah yang mengangkat tema bisnis maupun ekonomi. Di samping ideal untuk digunakan sebagai media pemasaran offline, template desain majalah Pure Magazine menyediakan beberapa space untuk memuat beberapa rubrik pada sebuah majalah, seperti rubrik artikel, wawancara, dan juga rubrik galeri. Dari segi tipografi, desain majalah dengan indesign ini menggunakan beberapa font type seperti Montserrat, varela Round, dan font Bebas Neue. Template majalah yang didesain dengan dua ukuran ini, yakni ukuran A4 dan US Letter juga menyediakan dua alternative desain cover majalah sehingga pengguna atau pembeli dapat memilih desain yang mana yang mereka kehendaki.

Desain majalah dengan konsep layout sederhana

Ruby, Template Desain Majalah 50 halaman

Jika Anda hendak menerbitkan sebuah majalah dengan jumlah halaman yang cukup banyak, template desain majalah ini mungkin dapat menjadi inspirasi Anda. Desain majalah 50 halaman ini didesain menggunakan program Adobe Indesign dengan ukuran A4 dan US Letter. Di sisi lain, template majalah ini memiliki layout halaman yang lebih dinamis. Penggunaan kolom serta penataan halamannya dibuat dengan hati-hati untuk memberikan kemudahan bagi pembaca dalam mengikuti tiap-tiap artikel yang ada di setiap halaman.

Desain majalah 40 halaman

Desain Majalah Minimalis dengan Konsep Desain Grafis Modern

Berbicara mengenai layout majalah, faktor readability (keterbacaan) dan legibility (tingkat keterbacaan) adalah faktor yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Kedua faktor ini sangat erat kaitannya dengan seberapa mudahkah si pembaca mampu memahami informasi yang ada pada sebuah desain majalah. Sebuah layout desain majalah yang memiliki tingkat reability dan legibility yang optimal akan memudahkan pembaca dalam memahami struktur teks dan beragam informasi yang tercetak di tiap-tiap halaman. Berkaitan dengan hal tersebut, template desain majalah yang satu ini didesain dengan mengoptimalkan peran white space di tiap layoutnya. Penggunaan white space atau ruang kosong pada sebuah layout majalah maupun layout buku akan sangat membantu pembaca dalam memilih informasi apa yang mereka perlukan.

Konsep desain majalah atraktif

Template Majalah Indesign Layout V3

Template desain majalah yang satu ini didesain dengan menggunakan konsep desain multiguna (multipurpose design), sehingga sangat ideal untuk digunakan bagi beragam pelaku industri atau bisnis. Selain itu, desain majalah ini dapat dikustomisasi dengan menggunakan program Adobe Indesign, mulai dari Indesign CS4 hingga Indesign CS6. Template majalah yang terdiri dari 80 halaman layout ini selain menggunakan font type tidak berbayar juga memiliki 8 pilihan desain cover majalah. Dengan demikian siapapun dapat memilih desain cover sesuai dengan tema majalah yang mereka angkat.

Komposisi elemen visual dalam desain layout majalah

Template Desain Majalah Simplify Vol. 2

Simplify merupakan template desain majalah berformat indesign yang terdiri dari 24 halaman layout. Penggunaan elemen white space yang optimal menjadikan desain majalah yang satu ini nampak sederhanan namun elegan. Komposisi layout di setiap halamannya ditata begitu rapi sehingga akan memudahkan pembaca dalam mencari informasi yang mereka kehendaki.

Penggunaan elemen white space pada desain majalah modern

Contoh template desain majalah dengan indesign

Contoh layout majalah tiga kolom dengan Adobe Indesign

  • Laudaffa Pranasyarif

    ada link download templatenya gan?