10 Cara Promosi jasa Desain Grafis Online

desain grafis

Banyak cara yang dapat ditempuh oleh seorang desainer grafis dalam melakukan promosi jasa desain grafis online. Apalagi di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, berbagai promosi jasa desain grafis dapat dilakukan oleh siapapun. Baik oleh mereka yang mengelola sebuah agensi desain grafis maupun oleh desainer grafis freelance. Sosial media menjadi tempat yang banyak digunakan dalam melakukan promosi jasa desain grafis online oleh para desainer.

Tidak jarang, banyak di antara mereka menunjukan portofolio hasil pekerjaannya melalui akun media sosial mereka. Paling tidak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh desainer grafis untuk mendapatkan pekerjaan secara online. Berikut ini adalah ulasannya.

media sosial sebagai sarana promosi jasa desain grafis

Bergabung di Komunitas Desain Online

Bergabung dengan komunitas desain grafis online, dapat menjadi pijakan awal dalam mempromosikan keahlian seorang desainer grafis. Melalui situs komunitas online, mereka dapat saling berinteraksi satu sama lain. Pada saat yang sama, seorang desainer juga dapat menunjukan projek desain grafis mereka kepada pengguna lainnya. Hal ini tentu sangat membantu bagi seorang desainer untuk mendapatkan apresiasi baik berupa krikitkan maupun saran mengenai pekerjaan yang mereka tunjukan melalui portofolio mereka.

Membuat Website portofolio

Jika anda seorang desainer grafis freelance, buatlah sebuah website portofolio untuk menampilkan karya-karya yang telah Anda buat. Cara ini dapat menjadi langkah yang sangat efektif dalam mempromosikan keterampilan yang anda miliki di bidang desain grafis. Di samping itu, dengan memiliki website sendiri berarti anda akan mencapai target audience dengan lingkup yang lebih luas. Anda tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki keterampilan membuat website. Dewasa ini banyak sekali layanan atau jasa web builder yang dapat anda pakai secara gratis. Namun sangat disarankan untuk meluangkan sedikit budget Anda untuk memakai jasa pembuatan website berbayar. Sebab anda akan mendapatkan support dari penyedia layanan tersebut serta beberapa arahan atau saran dalam mengembangkan website anda.

Ngeblog

Ngeblog menjadi salah satu cara untuk mempromosikan portofolio desain grafis milik Anda. Selain tidak membutuhkan biaya sepeserpun, membuat blog semisal di blogger.com jauh lebih mudah daripada membangun sebuah website. Jika tidak memiliki sebuah blog sendiri, Anda pun masih dapat menjadi guest post dengan mengirimkan tulisan di blog milik orang lain. Tentu saja artikel yang Anda kirim harus sesuai dengan bidang yang anda miliki. Namun begitu, memiliki blog sendiri akan jauh lebih leluasa. Artinya anda dapat memasukkan konten apapun ke dalam blog anda, termasuk kontent yang bersifat self promotion mengenai jasa desain grafis yang anda tawarkan kepada pengunjung.

Memiliki Akun di Instagram

Dengan memiliki akun pada media sosial instagram, berarti anda telah memiliki tempat untuk menampilkan berbagai projek desain grafis yang telah anda kerjakan. Bisa jadi, salah satu teman atau follower instagram anda akan tertarik dengan skill desain grafis yang anda miliki. Di samping itu, bagi desainer pemula mereka dapat belajar kepada para desainer yang lebih senior. Yaitu dengan mengambil inspirasi dari portofolio desain yang ditampilkan oleh desainer grafis profesional di halaman akun mereka.

Lebih dari itu, anda pun dapat menghubungkan akun instagram anda ke dalam halaman blog atau website yang telah anda buat. Dengan demikian, sekaligus anda akan mendapatkan visitor dari akun instagram milik anda. Di sisi lain, anda pun berpeluang mendapatkan follower melalui halaman website anda.

Halaman Media Sosial Twitter

Twitter merupakan tempat bagi orang-orang untuk saling bertemu, berhubungan bahkan bercakap-cakap. Meskipun demikian, hal ini tidak berarti bahwa media sosial yang satu ini tidak dapat digunakan sebagai media promosi. Anda dapat menjalin pertemanan dengan para desainer grafis lain untuk saling bertukar pengalaman. Tidak hanya itu, anda pun dapat memposting beragam karya desain grafis anda ke dalam timeline anda sendiri.

Mengunggah Video Tutorial di Youtube

Membuat video tutorial tentang desain grafis dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi desainer grafis. Dengan membuat video tutorial desain grafis yang anda buat sendiri, orang tentu akan percaya bahwa anda memiliki keahlian di bidang tersebut. Di samping itu, anda dapat membuat tautan balik (back link) ke website anda pada deskripsi video yang anda buat. Hal ini akan membuka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pengunjung dari youtube tanpa menggunakan teknik SEO yang njlimet.

Untuk memudahkan dalam membuat video tutorial, anda dapat memakai aplikasi screen capture yang dapat anda download secara online. Selain itu, anda juga membutuhkan mikrofon / mic berkualitas untuk merekam suara anda, yang nantinya akan digabungkan dengan video tutorial yang anda buat. Jangan lupa untuk menyunting video tutorial anda ke situs Youtube. Anda dapat menggunakan aplikasi video editor seperti Adobe Premiere atau Adobe After Effect untuk menambahkan teks dan elemen lain ke dalam video tutorial desain grafis yang anda buat.

Melakukan Promosi melalui akun Pinterest

Tidak ada salahnya untuk mulai mencoba mempromosikan jasa desain grafis freelance anda pada pinterest board yang anda miliki. Anda dapat menjadikan akun pinterest anda sebagai salah satu portofolio desain grafis di media sosial. Di samping itu, di setiap pin yang anda posting, anda dapat menautkan halaman website yang anda miliki.

Promosi Melalui Media Sosial Behance

Jika Anda seorang desainer grafis freelance, cobalah untuk membuat akun pada media sosial behance. Behance meruapakan sebuah platform media sosial yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile – baik untuk platform Android maupun iOS. Behance menawarkan sebuah trobosoan dalam melakukan promosi tiada henti bagi para pekerja kreatif. Termasuk dalam hal ini adalah para desainer grafis freelance. Anda dapat melakaukan promosi jasa desain grafis freelance anda sekaligus mempromosikan website desain grafis yang anda miliki. Di samping itu, anda pun berkesempatan untuk berhubungan dengan para perancang grafis yang lebih senior.

Media Sosial Dribbble

Di samping behance, media sosial yang mewadahi para insan kreatif adalah dribble. Mulai dari seniman, perupa, desainer grafis, web designer dan lain sebagainya dapat anda temukan pada web media sosial yang satu ini. Namun sayangnya untuk dapat membuat akun di media sosial driblle anda harus mendapat undangan (invite) dari orang yang telah terdaftar terlebih dahulu. Jadi dalam membuat akun dribble tidak sebebas seperti membuat akun di medsos lainnya.

Situs Marketplace Indonesia

Dewasa ini, perkembangan situs marketplace di tanah semakin menjamur. Bermacam-macam produk, baik yang berupa barang maupun jasa banyak ditawarkan melalui situs-situs tersebut. Jika anda merasa tertarik untuk menawarkan jasa desain grafis secara online, cobalah untuk membuat sebuah halaman promosi yang anda publikasikan melalui beragam situs marketplace tanah air. Anda dapat memilih situs marketplace mana yang anda kehendeki, seperti olx, berniaga, blibli, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pada dasarnya melakukan promosi jasa desain grafis online dapat dilakukan melalui beragam media online yang ada. Baik melalui website, blog, media sosial, dan bahkan situs marketplace tanah air. Promosi saja tidaklah cukup untuk medapatkan audience yang anda kehendaki. Di sini keterampilan desain yang anda miliki menjadi salah satu kunci dalam mendapat pelanggan secara online, khususnya bagi mereka yang ingin memakai keahlian anda di bidang desain grafis.