‎Ini Dia Desain Uang Baru Rupiah Emisi 2016

desain grafis

Baru-baru ini, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan 11 desain uang baru rupiah Emisi 2016. Uang baru emisi 2016 ini memiliki desain yang berbeda dari pendahulunya. Adapun peluncuran desain uang baru rupiah ini dilakukan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Desain uang rupiah baru tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas serta empat pecahan uang logam.

Suhaedi yang merupakan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang dari Bank Indonesia mengatakan bahwa desain uang rupiah baru yang akan terbit terdiri dari uang logam dengan nilai nominal Rp. 100, Rp. 200, Rp. 500, dan Rp. 1.000. Sedangkan nilai nominal pada uang rupiah adalah Rp. 100 ribu, Rp. 50 ribu, Rp. 20 Ribu, Rp. 10 Rib, Rp. 5.000, Rp. 2.000, dan Rp. 1000. Desain uang baru rupiah tersebut paling tidak menampilkan beberapa nama tokoh pahlawan Indonesia. Nama-nama pahlawan yang menempati uang baru tersebut di antaranya:

desain uang baru rupiah pecahan 10 ribu

  • (HC) Ir. Soekarno dan Dr (HC) Drs. Mohammad Hatta yang menempati desain uang baru dengan nominal Rp. 100 ribu.
  • H. Djuanda Kartawidjaja yang menempati bagian depan pada pecahan uang kertas Rp. 50 ribu.
  • Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi yang menempati desain uang baru bagian depan dengan nilai nominal Rp 20 ribu.
  • Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo yang menghiasi uang baru pecahan Rp 10 ribu.
  • Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid yang ditempatkan pada desain uang baru Rp 5.000.
  • Mohammad Hoesni Thamrin yang menempati bagian depan uang kertas baru dengan nominal Rp 2.000.
  • Tjut Meutiah yang dipakai sebagai gambar utama pada pecahan desain uang rupiah Rp 1.000.
  • I Gusti Ketut Pudja yang terdapat pada uang logam pecahan Rp 1.000.
  • Nama Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo yang menempati uang pecahan logam Rp 200.
  • Nama Pahlawan Nasional Prof.Dr.Ir. Herman Johanes yang menempati uang baru pecahan logam Rp 100.

Desain uang baru Rupiah yang Lebih Ramah dengan Penyandang Tunanetra

Uang baru milik Republik Indonesia tidak hanya memiliki tampilan baru di setiap desainnya. Lebih dari itu, pada desain uang baru tahun emisi 2016 ini juga telah dilengkapi fitur baru yang ramah dengan tunanetra (blind code). Dengan demikian, para penyandang tunanetra akan lebih mudah mengenali berapa nilai nominal yang ada pada desain uang baru tersebut.

desain uang baru rupiah pecahan 100

Penyempurnaan kode tunanetra tersebut dilakukan dengan meningkatkan desain pada bentuk kode tunanetra, yakni pada fitur efek rabaan atau tactile effect. Dengan demikian identifikasi nilai nominal di setiap pecahan pada desain uang baru rupiah tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh penyandang tunanetra.

desain uang baru rupiah pecahan 100 ribu

Menurut pejelasan Suhaedi, Direktur Eksekutif Bank Indonesia, desain uang baru rupiah milik Negara Indonesia ini telah diucicoba kepada lebih dari 10 orang (penyandang tunanetra). Dari ujicoba tersebut, ternyata desain uang baru tersebut dapat dikenal dengan cepat. Dengan kata lain, penyempurnaan fitur ini akan meningkatkan aksesibilitas para penyandang tunanetra terhadap mata uang rupiah.

desain uang baru rupiah pecahan 1000

Fitur Kemanan pada Desain Uang Baru Rupiah Emisi 2016

Berbicara mengenai aspek keamanan pada desain uang baru rupiah emisi 2016, beberapa fitur keamanan yang disematkan adalah: Color Shifting, fitur ini akan memberikan efek perubahan warna kontras pada lembaran uang kertas jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

desain uang baru rupiah pecahan 2 ribu

Rainbow Feature atau efek pelangin yaitu fitur keamanan pada desain uang baru rupiah yang akan memperlihatkan gambar tersembunyi dengan beragam warna yang berupa nilai nominal dari desain uang baru rupiah tersebut. Latent Image yaitu penggunaan fitur kemanan pada pecahan uang baru rupiah yang akan memunculkan gambar logo BI pada bagian depan serta nilai nominal pada bagian belakang uang kertas.

desain uang baru rupiah pecahan 2000

Sementara fitur keamanan UV (Ultraviolet) akan menjadikan desain uang baru rupiah tersebut memiliki dua warna ketika berada di bawah pengaruh sinar ultraviolet. Selain beberapa fitur keamanan tersebut, uang baru emisi 2016 ini juga dilengkapi dengan fitur rectroverso yang akan membentuk gambar saling isi berupa logo BI manakala uang tersebut diterawang.

desain uang baru rupiah pecahan duaratus

desain uang baru rupiah pecahan duaribu

desain uang baru rupiah pecahan koin limaratus